Cara Memasarkan Produk Ukm Yang Efektif
JSMALFAMART.COM- Cara Memasarkan Produk UKM Yang Efektif -
Memasarkan produk UKM tidaklah semudah yang kita pikirkan. Kita sebagaipemilik UKM atau bisa juga disebut sebagi pelaku UKM akan menghadapi kompetitor yang juga memasarkan prosuk unggulan mereka. Sehingga untuk menjual produk UKM yang kita kelola perlu taktik yang bernar-benar tepat. Bahkan seni manajemen pun tidaklah cukup, kita perlu menawarkan beragam penemuan atau terobosan-terobosan untuk menjual produk UKM tersebut.
Memasarkan produk hasil UKM memang menjadi dilema yang serius untuk ditangani. Dan biasanya masalah ini akan selalu muncul pada UKM yang baru saja di rintis. Tentu saja dengan catatan produk baru dan belum diketahui oleh publik atau kandidat pelanggan. Lalu bagaimana jurus jitu untuk memasarkan produk UKM yang tepat ?
1. Harga
Jurus menjual produk UKM yang pertama ialah harga. Apapun alasan yang hendak anda kemukakan, harga merupakn titik utama dalam suksesnya pemasaran suatu produk gres. Terlebih jikalau produk tersebut hasil dari produksi UKM. Tentu calon kosumen akan mikir dua kali sebelum membeli produk UKM anda.
Contoh simpelnya :
“Saya pemilik UKM yang memproduksi keripik kentang, tentu saja akan bersaing keras dengan pruduk keripik kentang bikinan industri (pabrik). Saya menujalnya 2 rb lebih mahal, apa yang mau terjadi?”
Tentu saja dari gambaran diatas konsumen tidak akan bersedia membeli produk kita. Meskipun dengan kelebihan tanpa bahan pengawet. Karena produk pesaing ialah produk yang dihasilkan oleh skala industri dan telah di kenalkan dengan tata cara komunikasi penjualan yang modern dan efektif. Dapat ditarik kesimpulan kita akan susah untuk melawannya bahkan hanya sebatas mengimbanginya pun tidak gampang.
Untuk itu, langkah pertama yang harus kita amati ialah bersaing dengan harga. Sebisa mungkin harga jual produk UKM mesti lebih rendah dari produk industri atau setidaknya berimbang. Sehingga pelanggan tidak merasa terbebani untuk menggunakanan atau berbelanja produk UKM kita.
2. Brand dan bungkus
Brand dan kemasan sangat penting bagi suatu bisnis. Coba kita lihat beberapa produk dari industri, mereka berlomba-kontes untuk memperlihatkan kemasan yang sangat menarik untuk pelanggan. Karena ilmu dasarnya seorang konsumen menganggap suatu produk gres dengan visualnya apalagi dahulu. Jika mereka mempunyai rasa penasaran pada suatu produk, pastinya pada dikala itu juga mereka akan membelinya walaupun belum tau rasanya ataupun keuntungannya.
Nah, hal inilah yang belum dimaksimalkan secara sarat oleh beberapa UKM yang ada di penduduk . Banyak yang menganggap kemasan tidak begiu penting, yang penting rasa. Padahal imbas dari bungkus ini sungguh besar. Selain untuk mengawetkan suatu masakan dan memberi rasa ingin tau bagi calon pelanggan untuk membelinya. Kemasan juga akan membentuk sebuah merk image. Dimana merk image inilah yang nantinya akan menciptakan sebuah produk kita mampu berkompetisi dipasaran.
3. Kualitas
Cara memasarkan produk UKM yang selanjutnya yaitu berhubungan dengan kualitas. Setelah melewati beberapa tahap diatas, kita tidak boleh melupakan tahapan mutu. Jangan hingga pelanggan berbelanja produk kita hanya alasannya penasaran saja. Setelah mengetahui rasanya mereka enggan untuk membelinya kembali. Hal ini pasti yang bermain yakni mutu.
Misal kuliner, selain bungkus yang menawan produk kita juga mesti mempunyai mutu yang mampu diunggulkan sesuai dengan pangsa pasar. Untuk era modern mirip ini tidak ada cara lain selain memaksimalkan kualitas agar produk kita mampu bersaing di pasaran. Mengingat telah banyak sekali produk sejenis yang mungkin saja dibuat oleh beberapa orang di tempat lain. Jika kita tidak bisa berkompetisi dalam segi kualitasnya, pastinya mereka para pelanggan sudah pasti akan meninggalkan produk kita.
4. Campaign / Iklan
Ini yakni salah satu bab yang wajib ada dalam memasarkan produk UKM. Tanpa bagian ini kami rasa sangat susah untuk mengenalkan produk UKM ke masyarakat ataupun membangun brand image itu sendiri. Untuk membangun pasar seharusnya memang menggunakan media periklanan. Ini yaitu sebagian investasi dimasa yang mau tiba. Makara jangan menilai bahwa iklan hanya akan membuang-buang uang.
Mungkin dari beberapa orang berfikir bahwa beriklan belum pasti ada yang berbelanja. Sehingga kita sebagai pebisnis akan rugi. Coba kalian hilangkan mindset itu. Tujuan kita beriklan bukanlah untuk mencari pembeli alasannya produk kita ialah produk yang gres saja launching dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Tentu tujuan kita ialah bagaimana penduduk tahu bahwa ada produk gres dan membangun merk image kita. Masalah untuk pembelian atau lazimdisebut selaku leads itu ialah peran seorang sales dilapangan yang nantinya akan menjual produk UKM itu sendiri.
Saat ini pun untuk beriklan tidak sukar dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Kita bisa memanfaatkan iklan di media umum seperti facebook contohnya. Atau bisa menggunakan jasa endorse di instagram. Bagaimanapun caranya yang terpenting yakni produk kita mampu diketahui oleh penduduk luas terlebih dulu dan bagaimana caranya supaya mereka merasa penasaran kepada produk tersebut. Itulah rancangan dasarnya