-->

Cara Kondusif Meninggalkan Dan Membawa Burung Pleci Dikala Pulang Kampung Lebaran

Lebaran sebentar lagi, para kicaumania yang tinggal d kota biasanya galau bagaimana nanti nasib burung kesayangan waktu ditinggal mudik. Apakah burungnya dijual untuk biaya pulang kampung atau masih tetap dirawat dengan cara dibawa pulang kampung ataupun ditinggal dan diberi stok pakan yang banyak? Kalau dapat dibawa mending dibawa saja kan resiko maut lebih sedikit tetapi kalau gak dapat ya kita harus dapat memperhitungkan berapa hari kita pulang kampung dan berapa hari burung kita dapat bertahan dikala ditinggal.

 para kicaumania yang tinggal d kota biasanya galau bagaimana nanti nasib burung kesayan Cara Aman Meninggalkan dan Membawa Burung Pleci Saat Mudik LebaranUntuk jenis burung besar menyerupai Murai, Kacer, Cucak Ijo mungkin kita sedikit galau untuk membawa pulang ataupun ditinggal sebab burung tersebut memiliki tingkat stress yang tinggi bila berganti kandang ataupun kekurangan pakan exstra fooding dikala dibawa dan ditinggal mudik. Tetapi berbeda dengan burung pleci, sebab burung ini kecil jadi kita dapat dengan simpel membawanya pulang dengan kandang kecil pula, dan kalaupun ditinggal cukup berikan voor dan buah yang tidak simpel wangi menyerupai pisang dan apel segar.

Berikut untuk lebih jelasnya beberapa cara untuk membawa burung mudik ke kampung halaman biar tidak mati kalau ditinggal.

  1. Siapkan kandang khusus, bila yang akan anda bawa pulang kampung ialah burung pleci maka cukup kandang kecil yang dipakai sebab lebih irit tempat. Biasanya aku menggunakan kandang cas cewekan kecil, bila burungnya lebih dari 1 burung pleci dapat diombyok dalam 1 sangkar. Bila burung murai atau kacer yang ingin dibawa pulang kampung maka sebaiknya anda perlu menyewa jasa pengiriman binatang daripada anda membawa sendiri sebab resiko stress dan mati dikala perjalanan.
  2. Jangan lupa burung yang dibawa diletakkan pada kandang yang dikrodong.
  3. Saat anda beristirahat selalu periksa keadaan burung anda juga, tambah pakan ataupun minuman bila perlu.
  4. Jika sudah hingga tujuan burung dapat pribadi ditaruh pada sagkar yang telah disiapkan dan digantung pada daerah sepi dulu, jangan lupa kasih exstra fooding untuk memulihkan tenaga dan menghilangkan stress.
Jika anda tidak dapat membawa burung anda maka perlu cara untuk merawat burung dikala ditinggal mudik menyerupai berikut ini
  1. Jika yang anda rawat ialah burung pleci maka jangan diombyok dalam 1 sangkar.. biarkan burung berada pada kandang hariannya masing-masing. Kenapa demikian? sebab jikalau diombyok burung ini akan dengan cepat menghabiskan pakan yang telah disediakan.
  2. Sediakan daerah minum yang khusus, biar air tidak habis dipakai untuk mandi.
  3. Untuk derma pakan berikan pakan voor yang banyak dalam cepuk besar (bisa menggunakan cepuk pakan ayam) dan untuk buah berikan buah pisang dan apel.. Untuk buah pisang kupas sedikit kulitnya dan untuk buah apel hanya sedikit saja yang berlu dikupas biar buah tidak wangi dan burung dapat memakannya.
  4. Jangan lupa burung yang ditinggal ditaruh dalam rumah dan dikrodong biar burung banyak istirahat dan sedikit makan.
  5. Pastikan daerah anda menaruh burung kondusif dari gangguan binatang pengganngu menyerupai semut, tikus ataupun kucing.
  6. Jika punya saudara yang bersahabat maka mintalah tolong saudara untuk mengecek burung anda setiap hari.
  7. Titipkan kepada saudara, teman, ataupun jasa perawatan binatang untuk lebih amannya dikala ditinggal mudik.
Itulah beberapa tips untuk meninggalkan dan membawa burung dikala pulang kampung lebaran, semoga burung yang anda rawat tetap sehat dan dalam pulang kampung anda tidak terlalu memikirkan nasip burung yang ditinggal. Selamat Mudik, hati-hati diperjalanan dan semoga selamat hingga tujuan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel