-->

Melatih Mental Kacer Biar Juara

Kacer yakni burung tipe fighter, dihabitatnya Kacer sangat garang terhadap keberadaan burung Kacer lain yang memasuki wilayah teritorialnya. Kacer akan pribadi mengusir keberadaan Kacer lain dengan bunyi kicauannya yang bervariasi dan dengan gaya tarungnya yang khas terlebih dahulu untuk mengintimidasi musuhnya sebelum bertarung secara fisik.

Naluri petarung Kacer yakni huruf yang akan tetap menempel walaupun sudah dipelihara dalam kandang, sebab itulah Kacer sering dilombakan sebab burung ini akan saling beradu kicauan ketika melihat Kacer lain.

Tapi tidak semua Kacer mempunyai mental petarung yang bagus, untuk Kacer yang mentalnya lembek niscaya akan ketakutan ketika bertemu dengan Kacer lain yang dianggapnya lebih dominan. Biasanya ditandai dengan sikap mbagong/nguda laut/mbedesi.

Perilaku mbagong inilah yang paling ditakuti oleh para pemain Kacer lapangan sebab sudah niscaya akan menggugurkan semua penilaian juri ketika dilombakan.

Kalau tujuan kita memelihara Kacer yakni untuk dilombakan, maka sebaiknya hanya memelihara satu ekor Kacer saja dirumah, kondisikan supaya Kacer merasa bahwa dialah penguasa tunggal wilayahnya, sebab semakin merasa berkuasa maka akan semakin elok untuk membentuk mentalnya menjadi besar kepala dan tidak ingin tersaingi, dan nantinya Kacer akan menjadi sangat garang ketika bertemu dengan kacer lain sebab sehari-harinya tidak pernah melihat dan mendengar bunyi Kacer lain.

Kenapa sebaiknya dipelihara sendirian..???

Karena jika ada dua kacer atau lebih dalam satu rumah, maka setiap hari mereka akan saling sahut-sahutan beradu bunyi yang tentunya akan menguras staminanya. Efek negatif lainnya Kacer akan menjadi bosan untuk fight sebab sudah bertarung setiap hari, dan kesudahannya Kacer menjadi kurang garang serta menjadi kurang ngotot ketika dilombakan. Yang lebih fatal lagi salah satu dari Kacer-Kacer tersebut sanggup down sebab kalah mental dan sanggup berakibat macet bunyi.

Untuk melatih mentalnya, Kacer cukup ditrek seminggu sekali saja dengan beberapa Kacer lain untuk mengasah mental tarungnya sambil mencari settingan yang pas setiap minggunya, jika dirasa Kacer kita tersebut sudah sanggup tampil maksimal ketika ditrek dengan beberapa ekor Kacer lainnya berarti sudah waktunya untuk diajak jalan-jalan ke arena lomba burung. 

Untuk sementara tidak usah buru-buru mengikut sertakannya untuk ikut lomba, cukup digantang dipinggir lapangan saja supaya Kacer terbiasa dulu dengan hiruk-pikuk suasana lomba. Memang butuh kesabaran untuk mendapat hasil yang maksimal.

Setelah Kacer terbiasa dengan suasana lomba dan mulai berani koar-koar dan ngeplay ketika mendengar bunyi burung lain yang sedang berlomba berarti sudah saatnya kita coba menggantangnya di arena.

Ikutkan dulu dilatber untuk menjajaki performanya, pantau ibarat apa kerjanya dipenampilan perdananya, penilaian kekurangannya untuk mendapat settingan yang pas supaya Kacer kita tersebut sanggup tampil lebih maksimal dipenampilan berikutnya.

Demikian sedikit isu perihal melatih mental Kacer supaya juara. Untuk isu lain seputar Kacer, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel