-->

Perawatan Khusus Untuk Cucak Ijo Nyulam Bulu

Cucak ijo (CI) sangat jarang mengalami mabung total, rata-rata cucak ijo hanya mengalami nyulam bulu atau ganti bulu secara bergantian. Tapi jikalau cucak ijo mengalami nyulam bulu dengan jumlah bulu yang rontok cukup banyak, maka perlu dilakukan perawatan khusus mabung.

Kita sebagai pemilik, harus menawarkan perawatan ekstra pada ketika cucak ijo nyulam, alasannya ialah bulu-bulu yang rontok dan digantikan selama masa mabung/nyulam ini menyerap sebagian besar dari kandungan protein dalam badan cucak ijo. Inilah kenapa selama masa mabung/nyulam perlu diberikan asupan protein yang lebih banyak dari biasanya.

Karena itu, pada masa mabung/nyulam, burung harus diberikan pakan berprotein tinggi dengan porsi yang lebih banyak, biar bisa diserap dan disimpan sebagai protein khusus untuk pertumbuhan bulu-bulu baru. Proses ini sangat penting bagi burung yang harus bekerja ekstra untuk mendapat nutrisi yang cukup untuk pembentukan bulu-bulu gres dengan sempurna.

Perawatan harian cucak ijo pada ketika mabung/nyulam bulu:

• Tempatkan cucak ijo di daerah yang tenang, jauh dari aktifitas insan dan gangguan-gangguan lain disekitarnya yang berpotensi menghambat proses mabungnya.

• Full kerodong, buka kerodong hanya pada ketika menawarkan pakan dan minum serta pencucian kandang.

• Mandikan cucak ijo cukup 1x seminggu saja.

• Penjemuran cukup 15 menit saja setiap hari mulai jam 7 pagi.

• Porsi Extra Fooding (EF) diperbanyak:
- Jangkrik diberikan sekenyangnya setiap pagi dan sore, alasannya ialah burung membutuhkan lebih banyak asupan protein untuk pembentukan bulu-bulu baru. Sebetulnya secara naluri, cucak ijo lebih tahu akan kebutuhan tubuhnya, pada ketika mabung/nyulam, CI bisa menghabiskan 8-10 ekor jangkrik sekali makan, sedangkan pada ketika kondisi normal (tidak dalam masa mabung/nyulam) CI akan membatasi sendiri asupan proteinnya dengan hanya mengkonsumsi jangkrik 3-5 ekor saja sekali makan, kerena jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan proteinnya pada kondisi normal (tidak dalam masa mabung/nyulam).
- Ulat hongkong (UH) juga bisa diberikan 5-5 pagi-sore pada ketika cucak ijo sedang merontokkan bulu-bulunya. Karena imbas panas yang ditimbulkan dari pinjaman ulat hongkong (UH) bisa membantu mempercepat rontoknya bulu-bulu cucak ijo.
- Kroto segar diberikan 1 sendok makan setiap hari.

• Berikan buah setiap hari dengan sajian bervariasi ibarat pisang kepok, pepaya, apel, sawo, dll, biar kebutuhan nutrisi dan vitamin cucak ijo pada ketika mabung/nyulam sanggup terpenuhi. Perbanyak porsi pinjaman buah pepaya untuk membantu metabolisme badan cucak ijo.

• Faktor kebersihan juga harus diperhatikan pada ketika CI mabung/nyulam bulu.
- Bersihkan sangkar setiap hari.
- Bersihkan juga plangkringan serta daerah pakan dan minumnya biar terbebas dari kuman dan bakteri.
- Kerodong dicuci seminggu sekali.

• Lakukan pemasteran, alasannya ialah pada masa mabung/nyulam, burung lebih banyak membisu dan mendengar. Inilah ketika yang paling tepat untuk mengisi variasi kicauannya sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran secara tepat biar karenanya maksimal. Sesuaikan huruf dan type bunyi cucak ijo (CI) dengan bunyi burung masteran, atau bisa juga memakai mp3 player alasannya ialah cucak ijo sangat gampang untuk dimaster walaupun hanya dengan memakai bunyi dari mp3 player, cucak ijo bisa merekamnya dengan sangat baik.

Masa pemulihan pasca mabung/nyulam bulu
• Setelah cucak ijo (CI) final mabung/nyulamnya, mulailah mandikan CI setiap hari setiap jam 7 pagi. Biarkan CI mandi sendiri sepuasnya didalam cepuk atau keramba.
• Setelah selesai, angin-anginkan cucak ijo hingga bulu-bulunya kering kemudian jemur cukup 15-20 menit saja alasannya ialah bulu-bulu cucak ijo masih belum berpengaruh untuk menahan panas matahari yang terlalu lama. Durasi penjemuran bisa ditingkatkan sesudah 1-2 bulan pasca mabung.
• Porsi pinjaman ekstra fooding (EF) mulai dibatasi.
- Biasanya sesudah final mabung/nyulam, cucak ijo tidak rakus lagi terhadap jangkrik, CI hanya mau mengkonsumsi jangkrik secukupnya saja sekitar 3-5 ekor. Tapi untuk mengantisipasi biar cucak ijo tidak over birahi (OB), sebaiknya kita berikan 3-3 pagi-sore saja.
- Kroto cukup diberikan seminggu 2x saja dengan porsi 1 sendok makan setiap pemberian.
- Stop pinjaman ulat hongkong.

• Buah diberikan setiap hari sebagai pakan utama untuk cucak ijo, seperti:
- Pisang kepok putih
- Pepaya
- Apel
- Sawo, dll.
Berikan buah-buahan tersebut secara bervariasi setiap harinya.

Demikian sedikit info wacana perawatan khusus untuk cucak ijo nyulam bulu. Untuk info lain seputar cucak ijo akan dibahas pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih


DOWNLOAD audio cucak ijo alam liar versi_2.mp3

Cucak ijo nyulam bulu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel