-->

Perawatan Khusus Untuk Kacer Wulung (Dada Hitam)

Kacer wulung (dada hitam) ketika ini memang kalah pamor dengan kacer poci (dada putih), padahal secara kualitas kacer wulung tidak kalah dengan kacer poci. Namun walaupun tidak terkenal lagi, masih banyak kacer mania yang memelihara burung ini walaupun kebanyakan hanya untuk klangenan dirumah saja. Karena untuk lomba, kacer wulung kurang diminati.

Dari segi penampilan, kacer wulung terlihat sangat gagah alasannya ialah rata-rata postur badan kacer wulung lebih besar dari kebanyakan kacer poci, gaya mainnya juga bagus.
Dari segi mental, rata-rata kacer wulung mempunyai mental yang lebih tangguh dari kebanyakan kacer poci. Tapi untuk suara, kacer wulung memang kurang bening (kristal) kalau dibandingkan dengan kacer poci, tapi hal itu dapat disiasati dengan pemasteran yang sempurna alasannya ialah kacer wulung termasuk burung yang cukup berakal menirukan bunyi burung lain.

Untuk perawatan kacer wulung sesungguhnya tidak jauh beda dengan perawatan kacer poci pada umumnya, hanya ada beberapa point saja yang dikhususkan.

Perawatan harian kacer wulung:
• Pagi hari burung diembunkan mulai jam 5 pagi, berikan jangkrik 3 ekor.
• Jam 7 pagi burung dimandikan dikeramba, biarkan mandi hingga puas (Seminggu sekali mandikan dengan shampo khusus burung semoga bulunya tetap mengkilap dan tidak kutuan).
Sambil menunggu kacer tamat mandi, sangkar dibersihkan, voor dan air minum disiapkan.
• Setelah tamat mandi, burung dimasukkan lagi kekandang harian untuk mengeringkan bulu-bulunya. Berikan 3 ekor jangkrik lagi.
• Jemur selama 2-3 jam rutin setiap hari. Voor dan air minum tetap diberikan.
• Setelah tamat dijemur, gantang burung ditempat yang teduh. Berikan kroto segar 1 cepuk. Pemberian kroto cukup 2x seminggu.

Settingan ekstra fooding (EF) untuk kacer wulung:
• Jangkrik 6-6 pagi-sore.
• Ulat hongkong (UH) hanya diberikan ketika cuaca hirau taacuh saja cukup 5 ekor yang masih berwarna putih (baru ganti kulit).
• Kroto segar 2x seminggu 1 cepuk.
• Kuning telur rebus 1x seminggu. Ambil kuning telur setengah saja kemudian potong kecil-kecil taruh dalam cepuk daerah kroto.
• Ulat daun pisang 1 ekor ukuran besar seminggu 1x.
• Buah pepaya dapat diberikan seminggu 2x kalau kacer doyan, kalau tidak doyan, dapat diakali dengan menunjukkan buah pepaya pada jangkrik terlebih dulu sebelum dikonsumsi kacer.

Pemasteran:
Kunci utama dalam perawatan kacer wulung ialah pemasteran, alasannya ialah kekurangan kacer wulung ialah pada suaranya yang cenderung ngebas.

Kacer wulung sebaiknya dimaster dengan bunyi burung-burung kecil yang bersuara nyaring dan ngerol semoga nantinya kacer wulung tersebut mempunyai variasi isian suara-suara nyaring dan ngerol sebagai bunyi dominannya.

Pemasteran yang paling efektif ialah pada ketika kacer wulung dalam masa mabung, alasannya ialah pada ketika mabung itulah burung lebih banyak membisu dan beristirahat. Saat itulah kacer lebih konsentrasi dalam menyerap bahan bunyi yang di ajarkan.

Caranya full kerodong burung yang dimaster , tempel setiap hari dengan burung-burung masteran ibarat kenari, ciblek, gelatik, prenjak, dll. kalau untuk tujuan lomba, tambah dengan variasi tembakan dan besetan bernafsu ibarat bunyi lovebird dan cucak jenggot.

Setelah tamat masa mabungnya, kacer wulung tetap ditempel dengan burung-burung masterannya semoga lebih fasih dalam menyanyikan bahan isiannya.

DOWNLOAD audio kacer hutan.mp3

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer wulung (dada hitam)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel