-->

Cara Merawat Kacer Poci Mabung 1 Bulan Bulu Rapi Kembali

Proses ganti bulu pada kacer biasanya terjadi setahun sekali tetapi ada yang lebih cepat dan lebih lambat dari itu, rontok bulu secara alami biasanya terjadi pada usia 7 - 8 bulan pergantian bulu anakan ke dewasa. Pada ketika mabung ini biasanya para kicau mania selalu mengkrodong burung dan memaster untuk menambah bunyi isian pada burung kacer.

 biasanya terjadi setahun sekali tetapi ada yang lebih cepat dan lebih lambat dari itu Cara Merawat Kacer Poci Mabung 1 Bulan Bulu Rapi kembali
Proses mabung ini biasanya memakan waktu 1 bulan lamanya, mulai dari rontok bulu hingga tumbuh lagi bulu yang baru. Burung yang mabung secara alami akan merontokkan bulunya sendiri secara perlahan sedangkan mabung paksa yaitu kita yang memaksa burung untuk merontokkan bulunya dengan cara-cara yang ekstrim (nanti kita bahas pada artikel selanjutnya).

Perawatan kacer yang sedang mabung sama menyerupai burung lainnya yaitu mengkrodong, memaster, dan dihentikan dijemur. Untuk lebih jelasnya biar kacer cepat mabung yaitu sebagai berikut :
  • Krodong Burung Ketika Mabung
Kenapa perlu pengkrodongan pada kacer yang mabung, itu bertujuan biar burung terhindar dari serangga pengganggu dan juga menciptakan burung lebih banyak istirahat. Krodong burung juga bertujuan biar udara didalam menjadi hangat yang menimbulkan pori-pori terbuka sehingga proses rontok bulu akan lebih cepat selesai.
  • Stop EF selama rontok bulu dan Full EF selama tumbuh bulu baru
Kenapa demikian? kita menghentikan kontribusi ekstra fooding ketika burung dalam proses rontok bulu bertujuan biar burung menjadi lebih membisu dan tenang, sedangkan kontribusi Full EF pada ketika tumbuh bulu biar bulu gres tumbuh cepat dan sehat.
  • Jangan Dijemur
Menjemur burung yang sedang mabung akan menjadikan bulu kusam dan kriting, selain itu proses mabung biasanya akan lebih cepat kalau udara lembab dan dalam keadaan gelap.
  • Jangan didekatkan dan diperlihatkan dengan burung sejenis
Pada ketika mabung jangan pernah mengatakan dengan burung homogen lantaran burung yang mabung tadi akan kalah mental yang menjadikan gagal mabung dan juga macet bunyi.
  • Jangan dimandikan
Jangan memandikan burung yang sedang rontok bulu lantaran akan memperlambat proses rontok bulu, kalau bulu sudah tumbuh gres boleh dimandikan tapi jangan setiap hari.
  • Burung dimaster dengan bunyi burung lain
Proses memaster burung pada ketika mabung biasanya akan lebih cepat masuk lantaran burung akan lebih fokus mendengarkan dan merekam bunyi tersebut. Agar cepat masuk baca Cara Memaster Kacer 7 hari 1 isian Fasih
  • Bersihkan kandang
Membersihkan sangkar secara rutin biar burung tidak terserang penyakit yang disebabkan oleh kotoran yang menumpuk.

Setelah bulu gres tumbuh dengan tepat burung sanggup dijemur secara terpola biar bulu gres tidak kriting, lakukan rawatan harian biar burung sanggup berkicau kembali menyerupai sebelum mabung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel