-->

13 Cara Bedakan Anakan Lovebird Jantan Betina Mulai Umur 1-2 Bulan

Burung Lovebird selain untuk ditangkarkan juga sebagai burung lomba yang peminatnya masih banyak sekali, terbukti pada setiap gantangan lomba kelas lovebird selalu full gantangan. Untuk membedakan kelamin lovebird anakan ataupun terpelajar balig cukup akal biasanya kita hanya sanggup memprediksi saja padahal jikalau kita teliti maka kita sanggup membedakan jantan atau betina lovebird secara akurat.

Untuk tujuan lomba biasanya kita menentukan lovebird betina alasannya ialah burungnya cenderung lebih praktis di setel dibandingkan lovebird jantan yang praktis birahi dikala digantangkan. Untuk lovebird yang lebih gacor betina juga menjadi pilihan alasannya ialah burung ini crewet sekali ibarat istri saya.. heheheee

Langsung saja beberapa ciri-ciri untuk mengetahui jenis kelamin lovebird anakan ataupun terpelajar balig cukup akal sebagai berikut :

NB : Saya menjelaskan cara membedakan jantan n betina burung LB ini memakai banyak gambar, jikalau gambar tidak muncul coba ganti browser anda memakai google chrome.

1. Bentuk Lubang Hidung
Lubang hidung Lovebird untuk menentukan jantan atau betina sanggup dilihat eksklusif dengan cara memegang burung tersebut kemudian ditiup pada bab hidung, jikalau hidung membentuk lonjong/oval maka sanggup dipastikan jenis kelamin LB jantan dan jikalau hidungnya lingkaran lebar maka itu LB Betina.

2. Bentuk Paruh
Lovebird jantan mempunyai bentuk garis putih paruh yang lancip sedangkan betina tumpul. Silahkan perhatikan pada gambar biar lebih terperinci dan paham.

3. Ciri Fisik

LB jantan cenderung mempunyai badan yang kecil sedangkan betina mempunyai ukuran badan yang lebih besar. Kepala LB jantan juga berbentuk cepak, sedangkan betina berbentuk melengkung/ cekung. Untuk sanggup membedakan harus ada beberapa burung untuk dibedakan.

4. Bentuk Sayap Saat Bertengger

Saat bertengger burung lovebird akan menutup sayapnya, perhatikan ujung sayap burung tersebut jikalau burung jantan ujung sayapnya akan menyilang rapat sedangkan betina ujung sayapnya tidak saling ketemu/ tidak menyilang. Cara ini sanggup dilihat pada dikala burung sedang posisi hening dan diam.

5. Bentuk Ekor

Burung lovebird jantan mempunyai ekor yang lancip sedangkan betina bentuk ekornya melebar rata.

6. Cara Bertengger

Lovebird jantan mempunyai cara bertengger yang berbeda dengan betina, LB jantan bertengger dengan kaki yang rapat sedangkan betina kakinya agak melebar ngangkang.

7. Tingkah Laku Saat Birahi
 selain untuk ditangkarkan juga sebagai burung lomba yang peminatnya masih berbagai 13 Cara Bedakan Anakan Lovebird Jantan Betina Mulai Umur 1-2 Bulan

Lovebird jantan biasanya berdiri di bersahabat Lovebird betina sambil manggut-manggut. Kemudian, Lovebird jantan akan mengeluarkan bunyi tek tek tek atau cit cit cit (satu ketukan suara). Terkadang, Lovebird jantan juga melompati Lovebird betina, mondar-mandir memanggil pasangan, meloloh Lovebird betina, gesek-gesek tangkringan, dan menaiki badan Lovebird betina.

Sementara, Lovebird betina akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Orang Jawa menyebut tingkah laris ibarat ini posisi ngleper. Selain itu, Lovebird betina juga suka menggigit benda-benda di sekitarnya.

UPDATE!!!
Perilaku gesek tangkringan dan mbebeki ternyata sanggup dilakukan oleh LB jantan maupun betina. Perhatikan poto diatas! itu 1 burung yang sama dengan tingkah mbebeki dan juga gesek tangkringan. Kaprikornus tidak sanggup dibentuk patokan untuk membedakan kelamin lovebird ibarat ini.

8. Cara Membangun Sarang

Saat membangun sarang, di antara Lovebird jantan dan betina yang paling aktif ialah Lovebird betina. Lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk menciptakan sarang. Sedangkan, Lovebird jantan hanya memperlihatkan kulit kayu kepada Lovebird betina.

9. Tulang Supit
Pada Lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis akan terasa menyempit jikalau diraba. Untuk Lovebird betina, tulang pubisnya lebih lentur dan jarak antar kedua tulang pubis tersebut lebih lebar, kira-kira seukuran jari tangan manusia.

10. Memakai Cincin Emas/ Jarum
Cukup sediakan cincin emas atau jarum dan benang. Gantung cincin pakek benang, pegang burung dan letakkan cincin yg tergantung diatas kepala, awal dempetkan tarik keatas perlahan hingga magnet di burung mulai terlihat. Usahakan tetap hening dan burung kepalanya satu arah jangan sampek tolah toleh. Betina cincin akan berputar sedangkan Jantan akan maju mundur.

11. Tes DNA Lovebird dengan keakuratan 99%
Jenis kelamin Lovebird sanggup dibedakan memakai DNA yang diambil dari bulu atau darah. Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 99 persen. DNA ialah akronim dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung jantan dan betina.
Dengan perbedaan DNA inilah, Anda sanggup tahu mana Lovebird jantan dan betina. Anda sanggup melaksanakan tes DNA di laboratorium dengan biaya yang cukup mahal.

UPDATE!!!
12. Lubang/ Bentuk Kloaka/ Anus/ Silit Lovebird

Lovebird jantan mempunyai kloaka yang lebih panjang daripada LB betina. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar saja.

13. Cara Berdiri Lovebird terpelajar balig cukup akal jantan dan betina

Cara berdiri burung LB terpelajar balig cukup akal jantan dan betina sehabis kita amati memang sanggup dijadikan patokan untuk memprediksi dan memperkirakan kalau itu ialah lovebird jantan ataupun betina, alasannya ialah memang cara berdiri Labet jantan dan betina terpelajar balig cukup akal terutama yang sudah menjadi indukan berbeda, mungkin alasannya ialah betina sudah pernah bertelur jadi posisi berdirinya menjadi membungkuk/ sedikit rendah dibandingkan jantan.

Itulah 13 cara untuk membedakan jenis kelamin lovebird, jikalau ada pertanyaan ataupun pemanis untuk menentukan jantan betina Lovebird anakan silahkan tulis pada kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel