-->

Agar Cucak Ijo Cepat Simpulan Mabung Dan Bulunya Rapi

Proses ganti bulu pada burung cucak ijo terjadi hampir setiap tahun, pada proses ini burung akan mengalami rontok bulu entah itu bulu halus ataupun rontok total. cucak hijau nyulam sebaiknya diberikan perawatan khusus biar bulu cepat rontok dan juga tumbuh dengan cepat dan sehat.

Burung cucak ijo yang sedang mengalami mabung sebaiknya jangan dilombakan terlebih dahulu sebab pada proses ini burung hanya akan banyak diam.

Berapa usang cucak ijo akan mengalami ganti bulu? nah itu tergantung bagaimana kita merawat burung tersebut ketika mabung. Ada cucak ijo yang cepat simpulan mabungnya dan ada juga burung yang terus nyulam merontokkan bulu halusnya. 

Proses perontokan bulu burung biasanya dalam jangka waktu 1 bulan, sedangkan untuk menumbuhkannya lagi perlu waktu 1 bulan juga. Burung cucak ijo sanggup ikut lomba lagi sesudah bulu tumbuh semua dan kering, jadi proses keseluruhan dalam merawat burung yang sedang mabung membutuhkan waktu 3 bulan gres burung sanggup dicoba untuk digantangkan.

Burung cucak ijo yang akan mabung biasanya ditandai dengan warna bulu yang sudah kusam serta bulu kelihatan tidak rapi dan pecah-pecah/ nyerit, bila anda melihat burung anda dalam kondisi ibarat itu maka langkah selanjutnya ialah menawarkan perawatan biar burung cucak ijo cepat merontokkan bulunya.

Beberapa cara biar cucak ijo cepat merontokkan semua bulunya ialah sebagai berikut :
  • Berikan rawatan full krodong
Full krodong ini bertujuan biar burung lebih tenang, dengan keadaan damai burung akan lebih fokus dalam merontokkan bulunya. Fungsi krodong juga sebagai penghalang binatang pengganggu ibarat tikus ataupun binatang kecil lainnya yang sanggup menimbulkan burung stress.
  • Jauhkan dari burung sejenis
Kenapa harus dijauhkan sebab bila tidak burung akan tetap aktif berkicau saut menyaut yang menimbulkan burung yang sedang mabung mengalami kalah mental dan macet bunyi. Pada dasarnya burung yang sedang ganti bulu mencicipi sakit oleh sebab itu burung akan banyak diam.
Kenapa derma EF diberikan lebih banyak daripada setingan hariannya itu bertujuan biar burung tetap tercukupi kebutuhan protein ataupun vitamin, proses merontokkan bulu juga memerlukan tenaga jadi jangan hingga anda menyetop derma pakan pelengkap sebab itu sanggup menciptakan burung anda menjadi kurus dan sakit serta lebih parahnya lagi bila burung anda mengalami mabung yang terlalu usang bahkan gagal mabung.
  • Bersihkan sangkar seminggu sekali saja
Kenapa demikian? sebab kotoran burung akan membantu mempercepat proses rontok bulu. Kok bisa? ya sebab amonia dan keadaan sangkar yang full krodong akan menciptakan udara lebih lembab yang menimbulkan pori-pori burung cepat terbuka. 
  • Mandikan juga seminggu sekali
Saat membersihkan sangkar sebaiknya burung juga dimandikan. Saat memandikan burung usahakan menawarkan sampo anti kutu biar burung terhindar dari kutu pengganggu. Setelah dimandikan burung sanggup diangin-anginkan sebentar biar burung didis sambil merapikan bulunya.
  • Jangan pernah menjemur burung yang sedang mabung
Menjemur burung yang sedang mabung sanggup menimbulkan pori-pori kulit tertutup lagi dan itu menimbulkan bulu kusam susah untuk lepas, selain itu panas matahari yang terik juga menimbulkan bulu gres menjadi keriting.
  • Berikan bunyi masteran
Memaster burung cucak ijo sanggup dilakukan setiap hari, sebab pada proses ganti bulu ini burung akan lebih cepat merekam bunyi disekitar. Untuk cara pemasteran yang sempurna biar bunyi cepat masuk dilahkan baca artikel sebelumnya wacana Cara Memaster Cucak Ijo Cepat Masuk.

Jika cucak ijo anda mengalami nyulam terus menerus itu mungkin dikarenakan burung mengalami over birahi maka berikan rawatan untuk menurunkan birahi cucak ijo. Baiklah itu saja yang sanggup saya bagikan untuk merawat cucak ijo yang sedang mabung, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel