-->

Hilangkan Kebiasaan Cabut/ Ciak Bulu Pada Lovebird Sesudah Mandi Semprot

Burung lovebird suka cabut bulu sehabis dimandikan tidak hanya dialami oleh burung remaja tetapi LB Paud juga sanggup mengalami ciak bulu, lantaran mungkin derma pakan komplemen yang berlebih sehingga burung mengalami over birahi dan sebagai pelampiasan malah mencabuti bulu disekitar dada.

Cabut bulu sanggup dialami Lovebird jantan dan betina, bila burung anda mulai mencabuti bulu dadanya sendiri maka segera koreksi kenapa sanggup mengalami hal tersebut, apakah lantaran sehabis mandi semprot atau sehabis makan sesuatu? Jika penyebab dari cabut bulu sudah diketahui maka akan lebih simpel dalam cara merawat lovebird nyabutin bulu. Berikut beberapa penyebab Lovebird mengalami ciak bulu.

Burung lovebird suka cabut bulu sehabis dimandikan Hilangkan kebiasaan cabut/ ciak bulu pada Lovebird Setelah Mandi Semprot
Atasi Lovebird Cabut Bulu Dada
Lovebird cabut bulu sehabis mandi semprot, Burung LB yang mengalami hal demikian berarti penanganannya ialah dengan cara memandikan burung dengan memakai cepuk mandi dan biarkan burung mandi dengan sendirinya. Burung yang mandi dengan keramba/ cepuk mandi sendiri lebih merasa rileks, bila burung tidak mau mandi sendiri jangan dipaksa lantaran mungkin burung sedang mengalami sakit atau merasa masih belum butuh mandi.

Lovebird ciak bulu lantaran Over Birahi, selain gesek pangkringan dan mbebeki salah satu sikap LB yaitu mencabuti bulu dadanya, kenapa demikian lantaran birahi yang tidak tersalurkan dan untuk mengobati cabut bulu ini harus mencarikan pasangan untuk LB tersebut dan berikan pakan hanya milet putih saja.

Lovebird cabut bulu lantaran stress, Stress pada lovebird sanggup dikarenakan lingkungan yang tidak terlalu disukai oleh burung tersebut, menerima perlakuan yang bernafsu dari sang pemiliknya, terlalu usang menyendiri tidak ada teman homogen atau pasangan. Apabila anda menjumpai lovebird yang ibarat ini sebaiknya tempatkan si paruh bengkok di kawasan yang damai untuk sementara jauhkan dahulu dari kawasan keramaian, perlakukan lovebird kesayangan anda dengan lembut, kalau terlalu usang sendiri coba carikan pasangan.

LB cabut bulu lantaran kurang gizi, untuk mengatasi lovebird yang kekurangan gizi anda sanggup menambahkan ekstra fooding ibarat tulang sotong, jagung muda serta berikan setiap hari multivitamin yang sanggup dicampurkan dengan air minumnya atau multivitamin yang pribadi diminumkan. Kekurangan gizi sanggup dilihat dari keadaan burung yang cenderung hanya membisu dan tubuhnya kurus.

Iritasi kulit, Iritasi pada kulit burung sanggup mengakibatkan rasa gatal hiperbola di sekitar bulu. Kondisi tersebut akan menciptakan lovebird melaksanakan apa saja yang sanggup membuatnya lebih nyaman, mulai dari menggigit, menarik, hingga mencabuti bulu-bulunya sendiri. Biasanya iritasi kulit disebabkan bisul benalu (misalnya kutu dan tungau), serta basil dan jamur. Iritasi pada kulit juga sanggup lantaran burung kerap terpapar asap. Sumber asap sanggup berasal dari asap rokok, masakan, pembakaran sampah dan knalpot kendaraan bermotor. Pewangi ruangan yang mengandung alkohol pun sanggup mengakibatkan iritasi pada kulit burung. Iritasi akan menciptakan kulit terasa gatal, sehingga burung akan mengatasinya dengan cara menarik-narik atau mencabuti bulunya.

Burung mengalami kebosanan, sebagai burung sosial, lovebird memerlukan pasangan atau teman bermain dan bersosialisasi. Lovebird yang hidup sendiri kerap didera kebosanan. Hal ini sanggup memicu sikap menyakiti diri sendiri, ibarat mencabut bulu. Untuk mengatasinya, diharapkan beberapa tindakan ibarat memperkaya isi sangkar dengan aneka mainan, atau menambah variasi pakan. Yang terbaik tentu saja memberinya teman bermain atau pasangan hidup.

Kandang sesak dan berisik, meski lovebird termasuk burung sosial dan hidup secara berkoloni, sangkar yang terlalu sesak sanggup memunculkan sikap jelek tersebut. Selain itu, kondisi lingkungan sekitar yang terlalu ramai / berisik juga sanggup mengakibatkan kecemasan dan kegelisahan pada lovebird.  Akibatnya, burung akan menyakiti diri sendiri dengan cara mencabuti bulu-bulunya.

Lovebird cabut bulu lantaran mau bertelur, lovebird (terutama betina) juga kerap mencabuti bulu-bulunya menjelang bertelur. Hal ini sanggup disebabkan ketiadaan atau minimnya materi penyusun sarang, atau sanggup juga lantaran induk kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).

Jika dengan beberapa penanganan untuk menghilangkan cabut bulu tidak berhasil maka langkah yang sanggup diambil ialah menciptakan penghalang biar burung tidak sanggup mencabuti bulunya sendiri, penghalang ini sanggup dibentuk sendiri memakai plastik bekas botol air minum atau sanggup memakai kertas kardus.

Burung lovebird suka cabut bulu sehabis dimandikan Hilangkan kebiasaan cabut/ ciak bulu pada Lovebird Setelah Mandi Semprot

Agar bulu dada yang sudah terlanjur botak cepat tumbuh lagi berikan pengecap buaya pada kulit dada lovebird yang botak tadi, burung tidak usah dikerodong tidak usah dimandikan dan tidak usah dijemur yang penting disediakan pakan dan cepuk minum yang besar biar burung sanggup mandi sendiri. berdasarkan pengalaman saya dalam waktu 7 hari bulu gres mulai tumbuh.

Itulah beberapa penyebab dan cara menghilangkan kebiasaan cabut bulu pada lovebird, bila burung anda mengalami hal tersebut maka rawatlah dengan teliti dan sabar lantaran semua penyakit niscaya ada obatnya jadi jangan hingga anda stress lantaran memiliki burung yang memiliki kebiasaan cabut bulu. Jika ada yang perlu ditambahkan dan ada pertanyaan mengenai problem burung anda silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel