-->

Terapi Untuk Burung Yang Macet Mabung

Mabung/ngurak ialah proses pergantian bulu-bulu bau tanah yang akan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu baru. Proses tersebut ialah siklus alami yang terjadi setiap tahun pada semua jenis burung.

Pada ketika Mabung/ngurak, kita sanggup melaksanakan setting ulang pada burung peliharaan kita dan juga melaksanakan proses pemasteran untuk menambah variasi kicauannya.

Tapi seringkali proses mabung/ngurak tidak berjalan dengan normal atau hanya nyulam bulu saja. Tentu saja hal itu akan menciptakan proses mabung berlangsung lebih usang dan akan berdampak negatif pada performa burung nantinya.

Di alam bebas, burung akan mengalami mabung/ngurak lantaran dua faktor, yaitu:

• Faktor external

Disebabkan lantaran faktor uaca, dimana kelembaban tinggi (gerah), dan makanan  berlimpah.

• Faktor internal

Disebabkan lantaran imbas hormon, atau memang sudah waktunya ganti bulu yang merupakan siklus alami yang terjadi pada semua jenis burung.

Jika proses mabung/ngurak berlangsung tidak normal/tersendat/macet mabung, kita sanggup menerapkan beberapa metode untuk menciptakan bulu-bulu burung lebih cepat rontok secara merata sehingga proses mabung sanggup berlangsung dengan normal.

Cara mempercepat proses mabung/ngurak pada burung yang macet mabung:

• Campurkan susu bubuk putih bersama voer yang biasa dikonsumsi burung sehari-hari. Jika bulu-bulu burung sudah ambrol semua, maka voer tidak perlu dicampur dengan susu bubuk lagi hingga burung simpulan mabung.

• Ganti voer yang biasa dikonsumsi burung dengan voer ayam 511. Setelah semua bulu-bulu burung rontok, hentikan sumbangan voer ayam 511 dan ganti dengan voer yang biasa dikonsumsi burung sebelum mabung.

• Campurkan voer harian yang biasa dikonsumsi burung dengan kuning telur angsa atau kuning telur ayam kampung, aduk hingga tercampur rata kemudian angin-anginkan dan dijemur hingga kering gres diberikan pada burung.

Jika bulu-bulu burung sudah rontok, hentikan pemberian voer yang dicampur kuning telur angsa tersebut dan ganti dengan voer yang biasa dikonsumsi burung tanpa adonan kuning telur.

• Selain memodifikasi sumbangan voer, kita juga sanggup menunjukkan ekstra fooding (EF) yang bersifat panas atau yang sanggup meningkatkan suhu badan burung menyerupai ulat hongkong (UH) dan larva tawon dengan porsi lebih banyak untuk membantu mempercepat proses perontokan bulu-bulu burung.

• Selain dengan cara internal, atau memodifikasi adonan pakannya, kita sanggup menerapkan metode eksternal untuk mempercepat proses mabung/ngurak pada burung, yaitu dengan cara menaburkan kapur mati (yang sudah direndam air kemudian dikeringkan) didasar sangkar kemudian pada pecahan atas/permukaannya ditaburi lagi dengan dedak halus. Letakkan wadah air didalam sangkar biar tingkat kelembaban didalam sangkar menjadi tinggi kemudian dikerodong (full kerodong).

• Cara lainnya dengan meletakkan irisan daun pandan didasar kandang. Fungsi irisan daun pandan ialah sebagai aroma terapi untuk menciptakan burung lebih hening dan nyaman, sehingga proses mabung/ngurak sanggup berlangsung normal.

• Tempatkan burung dilingkungan yang hening dan sepi dengan tetap dikerodong (full kerodong) biar burung sanggup beristirahat dengan hening dan fokus menuntaskan masa mabungnya. Gunakan kerodong berbahan katun yang tebal.

:

Manfaat pengembunan dan penjemuran untuk burung kicau

Manfaat kroto untuk Murai Batu

Perawatan yang sempurna untuk Pleci mabung

Demikian sedikit warta wacana "Terapi untuk burung yang macet mabung". Untuk warta lain seputar burung kicau, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB) mabung/ngurak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel