-->

Budidaya Burung: Cara Merawat Burung Tledekan Gunung Yang Gres Beli Dari Pasar Burung (Pengalaman Pribadi)

damai9 - Setiba di rumah setelah berbelanja burung Tledekan Gunung , terlihat pada gambar yang Alhamdulillah hingga kini masih sehat dan sudah nge-voer dan sudah mulai tekun nyuling ….. hehehe.

Pada mulanya sejak dari berbelanja bekerjsama ada perasan takut alasannya selama tiga hari burung belum mau makan sama sekali , sekalipun dari beberapa macam masakan sudah dipisah ditempat masing-masing , seumpama kroto , ulat hongkong , jangkrik kecil beberapa ekor , voer malau campur kroto , air mineral dalam cepuk kecil untuk minum dan air dalam cepuk agak besar untuk mandi , dan selama tiga hari tersebut cuma 2-3 ekor ulat saja yang tergoda , dan ternyata cuma air mandi yang senantiasa habis alasannya kelihatannya senantiasa buat mandi setiap siang dan malam hari (karena kebetulan tidak sempat mantau alasannya mesti “nguli”).



Dan alhamdulilah pada hari keempat burung sudah mulai makan jangkrik yang kita siapkan 4 ekor sempat disantap 2 ekor , kroto juga sempat disantap sebagian dan demikian juga ulat hongkong 1-2 ekor.

Pada hari kelima , sengaja saya siapkan kroto dengan topsong mini yang saya campur dengan 3 tetes air yang saya aduk rata mudah-mudahan dapat sedikit tidak terlampau garang dan kroto pun dapat melekat pada voer , dan Alhamdulillah sepulang daru nguli sempat saya pantau , ternyata kroto yang sedikit tercampur dengan voer juga sudah mulai dimakan.

Di hari keenam sama dengan yang saya jalankan pada hari kelima , tetapi air cuma saya kasih 2 tetes pada adonan kroto dan topsong mini dengan takaran voer dan adonan kroto yang sama.

Dan hari selanjutnya sama seumpama hari sebelumnya , hingga akibatnya sudah mulai terlihat dari kotorannya bahwa burung sudah sudah mulai ngevoer (maaf mau upload gambar kotoran tapi ga enak). Dan dikala sudah terlihat terang sudah ngevor maka untuk meringkas wilayah makan , akibatnya voer , kroto sengaja saban hari saya berikan alasannya dalam proses perkembangan , ulat hongkong 2 kali sehari cukup 2-3 ekor  saya jadikan 1 cepuk , dan senantiasa saya berikan jangkrik ukuran kecil 4 ekor.

ARTIKEL LAIN TENTANG TLEDEKAN:


Demikian sekedar share pengalaman sendiri.
Semoga bermanfaat

Salam burungbudidaya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel