-->

Perawatan Sempurna Semoga Pleci Buka Paruh


Memiliki Pleci atau burung kacamata yang sudah buka paruh dan ngeroll dengan variasi bunyi isian yang melimpah merupakan suatu kebahagiaan dan pujian tersendiri bagi para Pleci Mania (Pleman).

Akan tetapi untuk mendapat Pleci yang sudah ngeroll dan buka paruh tidaklah mudah, kita harus merogoh kocek yang tidak mengecewakan dalam alasannya yaitu harganya tentu sudah terbilang mahal.

Tapi kita sanggup mendapat Pleci ibarat itu dengan cara memelihara dan merawatnya sendiri dari bahan/bakalan, tentu kita tidak harus merogoh kocek dalam-dalam dan akan menjadi kepuasan tersendiri kalau kita berhasil merawat Pleci bakalan tersebut hingga menjadi gacor dan buka paruh dengan banyak variasi isian.

Untuk itulah pada artikel kali ini akan dibahas perihal tips bagaimana cara merawat Pleci supaya ngeroll dan buka paruh.

Adapun langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita harus menentukan bahan/bakalan Pleci yang berjenis kelamin jantan. Karena hanya Pleci jantan yang sanggup bersuara ngalas ngeroll buka paruh dan mempunyai banyak variasi isian.

Berikut ini tips yang sanggup diterapkan pada Pleci supaya cepat buka paruh:

• Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan cara menghentikan dulu pertolongan pakan berupa voer dan buah-buahan, selama proses penghentian pakan tersebut kita sanggup memperlihatkan pakan berupa:

- Jangkrik kecil 3 ekor pagi/sore.

- Kroto 1 sendok teh 2 hari sekali.

- Ulat kandang kurang lebih 1/2 cepuk kecil setiap hari.

- Susu kental anggun diberikan pada siang hari sebagai nektar.

• Embunkan Pleci setiap hari mulai jam 05:00 pagi, gantang Pleci ditempat yang tinggi, lebih baik lagi kalau digantang dipohon yang tinggi hingga waktunya mandi sekitar jam 07:00 pagi.

Mandikan Pleci dengan memberinya cepuk atau di semprot halus dengan memakai sprayer, kemudian Pleci kita jemur hingga sekitar jam 10:00 pagi. Pada ketika dijemur, air minum tepap diberikan supaya burung tidak dehidrasi.

• Setelah penjemuran selesai, kemudian Pleci kita berikan air minum yang dicampur dengan vitamin khusus burung kicau. Angin-anginkan dulu -+15 menit di daerah yang teduh, kemudian Pleci di kerodong dan dimaster dengan burung-burung masteran atau dengan bunyi Mp3.

• Adapun yang menjadi kunci dari proses pemasteran kali ini adalah,jika biasanya kebanyakan para Pleci Mania (Pleman) melaksanakan pemasteran pada Pleci kesayangannya pada malam hari dengan volume bunyi yang kecil, tips kali ini justru kita lakukan pemasteran sehabis proses penjemuran dan memakai volume yang keras, proses ini dilakukan minimal 1 jam.

• Pada malam Pleci tidak usah dikerodong dan usahakan digantang ditempat yang tinggi. Kalau Pleci yang kita rawat sudah sanggup buka paruh dan ngeroll, maka ubahlah menu pakannya dengan buah pisang kepok, sanggup diselingi jeruk atau apel. Untuk siang hari kita berikan susu kental anggun dengan dicampur sedikit air sebagai nektar, sedangkan untuk malam harinya sanggup diberikan madu dan ulat sangkar sebanyak 1 sendok teh. Voer juga sanggup kita berikan lagi.

• Usahakan untuk memelihara Pleci 2 atau 3 ekor untuk memancingnya supaya cepat buka paruh.

Demikian sedikit gosip perihal perawatan sempurna supaya Pleci buka paruh. Untuk gosip lain seputar Pleci, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pleci Dakun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel