-->

Cara Ampuh Mengatasi Cendet Manja/Miyik/Mbayi

Cendet/pentet ialah jenis burung predator yang ganas dan agresif. Dihabitatnya, cendet/pentet sering memangsa serangga, reptil -reptil kecil, bahkan tidak jarang burung ini juga memangsa burung-burung kecil. Tapi ketika dipelihara dalam kandang, sifat ganas cendet tidak dapat lagi tersalurkan alasannya ialah kebutuhannya sudah disediakan oleh pemiliknya yang tentu saja tidak akan dapat sama dengan kondisi dihabitat aslinya. Dan alasannya ialah salah perawatan serta kebiasaan memanjakan cendet, tidak jarang menimbulkan burung predator ini menjadi manja dan berkelakuan menyerupai burung yang masih piyik (anakan).

Dalam kondisi normal, cendet cukup umur atau yang sudah berumur 8 bulan lebih seharusnya tidak lagi berperilaku manja. Tapi kadang alasannya ialah salah perawatan, ada beberapa cendet/pentet cukup umur yang masih memperlihatkan sifat manja/miyik/mbayi. Faktor pemicunya antara lain:

Pemberian pakan yang tidak tepat:
Pakan yang diberikan untuk cendet/pentet tidak memenuhi standar nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya burung mengalami kekurangan asupan nutrisi yang menimbulkan cendet/pentet merengek meminta makan tiap kali melihat pemiliknya.

Kesalahan dalam tunjangan pakan:
Cendet/pentet ialah burung predator, paruhnya yang bercagak mempunyai kegunaan untuk merobek daging mangsanya menyerupai kadal, katak, cicak, burung-burung kecil dan ikan-ikan kecil.
Kalau hidangan hariannya hanya mengandalkan pakan kering menyerupai voor dan jangkrik saja setiap harinya, maka sikap miyik bisa muncul ketika cendet/pentet membutuhkan asupan protein yang tinggi. Banyak yang beranggapan cendet/pentet menjadi manja alasannya ialah sering diberikan pakan (jangkrik) pribadi dari tangan kita. Tapi bersama-sama faktor utama yang memicu cendet/pentet miyik ialah alasannya ialah kekurangan asupan protein hewani. Cobalah berikan jangkrik sekenyangnya pada cendet/pentet yang miyik niscaya akan menghabiskan puluhan ekor jangkrik. Cendet/pentet menjadi sangat rakus pada jangkrik ketika tubuhnya kekurangan protein.

Terapi untuk cendet manja/miyik/mbayi:
● Full kerodong, gantang di kawasan yang sepi biar burung tidak sering berinteraksi dengan manusila.

● Berikan pakan (jankrik) sekenyangnya pada cendet biar tercukupi kebutuhan proteinnya. Jangan memperlihatkan jangkrik pribadi dari tangan, cukup taruh saja dalam cepuk atau dilemparkan pribadi kedalam kandangnya.

● Dengan terapi kejut untuk membuatnya jadi liar/giras biar kembali sifat dasarnya sebagai burung predator. Terapi kejut dapat dilakukan dengan memperlihatkan stress berat kepada burung setiap kali akan berperilaku miyik. Misalnya:

• Menyemprot burung dengan air masbodoh (air es) ketika terlihat akan berperilaku miyik.
• Menggebrak sangkar dengan tangan atau kayu biar cendet terkejut dan tidak jadi miyik.

Lakukan terapi tersebut setiap kali cendet/pentet memperlihatkan sikap manja/miyik.
Kalau terapi ini dilakukan secara rutin, cendet/pentet lama-lama akan takut untuk berperilaku manja/miyik lagi ketika melihat kita, alasannya ialah merasa stress berat begitu melihat kita memegang sprayer atau kayu. Hal ini memperlihatkan jikalau cendet sudah stress berat terhadap sprayer atau kayu yang kita pegang.

Setelah beberapa hari terapi ini dilakukan, saatnya untuk mengembalikan lagi mental predatornya, dengan cara:
• Mulailah dengan mengerodong sangkarnya (full kerodong) selama beberapa hari dan digantang ditempat yang sepi. Kalau cendet/pentet mulai jarang membuktikan sifat manjanya, mulai buka kerodong dan digantang ditempat biasanya.
• Untuk membangkitkan kembali naluri predatornya, kita dapat memberikannya kadal kecil, cicak atau burung kecil sebagai pakan hidup untuk diburu dan dimangsa oleh cendet. Cara ini memang cukup sadis, tapi sangat ampuh untuk membangkitkan mental dan naluri predator cendet biar kembali menjadi ganas dan agresif.

Perawatan harian biar cendet/pentet tidak kembali menjadi manja/miyik/mbayi lagi:
• Pola perawatan yang teratur serta kedisiplinan kita sebagai pemiliknya dapat mencegah cendet/pentet kembali berperilaku manja.
Pemberian pakan yang berkualitas akan menciptakan cendet/pentet tercukupi kebutuhan nutrisinya, sehingga cendet/pentet tidak akan merengek-rengek lagi untuk meminta makan.
• Berikan ekstra fooding (EF) yang bervariasi, misalnya:
- Jangkrik
- Belalang
- Kadal kecil
- Cicak
- Orong-orong
- Katak kecil
- Ikan-ikan kecil
- Daging mentah, dll.
• Burung-burung kecil juga dapat diberikan sebagai untulan sebulan sekali. (TIDAK DIREKOMENDASIKAN)
• Embunkan cendet/pentet setiap pagi mulai jam 5 pagi untuk menghirup udara segar.
• Mandi dilakukan setiap hari pada jam 7 pagi, sesudah itu diangin-anginkan hingga bulu-bulunya kering.
• Jemur 2-3 jam rutin setiap hari.

Demikian sedikit isu ihwal cara ampuh mengatasi cendet manja/miyik/mbayi. Untuk isu lain seputar burung cendet akan dibahas pada artikel yang lain.

:
Penyebab utama kacer mbagong dan cara mengatasinya

Solusi murai kerikil ngelowo/ngebatman

DOWNLOAD audio cendet gacor.Mp3

Cendet/pentet burung predator

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel