-->

Perawatan Sempurna Untuk Lovebird Mabung/Ngurak

Mabung/ngurak yaitu siklus alami yang akan dialami oleh semua jenis burung termasuk Lovebird (LB). Mabung/ngurak yaitu proses dimana bulu-bulu lama  yang sudah tua/rusak akan rontok dan akan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu yang baru.

Pada ketika mabung/ngurak, Lovebird (LB) menjadi tidak agresif untuk melaksanakan aktifitas menyerupai biasanya termasuk berkicau. Lovebird (LB) menjadi kurang aktif, terlihat lesu dan lebih banyak diam.

Tapi terkadang ada juga sebagian dari para pemilik Lovebird (LB) yang tetap mamaksakan burungnya untuk terus berkicau, bahkan dilombakan walaupun dalam kondisi mabung/ngurak. Padahal pada ketika mabung/ngurak, Lovebird (LB) menghabiskan aneka macam energi untuk merontokkan dan menumbuhkan kembali bulu-bulu barunya.

Memang ada beberapa individu Lovebird (LB) yang justru performanya lebih anggun di arena lomba ketika dalam kondisi mabung/ngurak, tapi itu hanya berlaku bagi burung-burung tertentu saja, tidak sanggup disama ratakan untuk semua Lovebird (LB) pada umumnya.

Karena untuk normalnya, Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak membutuhkan istirahat yang cukup untuk menuntaskan masa mabungnya dengan sempurna.

Pada ketika mabung/ngurak, metabolisme badan Lovebird (LB) akan meningkat, sebab itu Lovebird (LB) sangat membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup tinggi.

Perawatan harian Lovebird (LB) pada ketika mabung/ngurak:

• Full kerodong, sebab pada ketika mabung bulu-bulunya tidak akan cukup untuk melindungi tubuhnya dari cuaca dingin, dan usahakan untuk menggunakan kerodong yang berbahan tebal.

• Tempatkan Lovebird (LB) ditempat yang hening tanpa gangguan biar sanggup istirahat total dan fokus untuk menuntaskan masa mabungnya.

• Jangan dijemur terlalu lama, sebab pada ketika mabung, Lovebird (LB) tidak terlalu membutuhkan sinar Matahari, tapi justru malah membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu-bulu barunya.

Lovebird (LB) cukup dijemur 15 menit saja pada jam 07.00 pagi sesudah dukungan pakan dan air minum serta pencucian kandangnya.

• Mandikan Lovebird (LB) seminggu sekali saja selama masa merontokkan bulu. Mulai mandikan Lovebird (LB) 2-3 hari sekali pada ketika bulu-bulu gres mulai tumbuh dan mulai mandikan setiap hari sesudah semua bulunya tumbuh sempurna.

• Setelah semua bulunya tumbuh sempurna, jangan dijemur terlalu usang dulu. Durasi penjemuran ditingkatkan secara sedikit demi sedikit hingga bulu-bulunya benar-benar sudah kuat, kira-kira sesudah 2 bulan sesudah final mabung.

Pakan dan Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak:

• Telur rebus

Telur mengandung protein tinggi dan biotin yang sangat diharapkan oleh Lovebird (LB) pada ketika masa mabung/ngurak. Ambil kuning telur dipotong kecil-kecil kemudian taruh dalam cepuk khusus, atau sanggup juga dikeringkan terlebih dulu dengan cara dijemur atau di oven.

• Tulang sotong

Sediakan tulang sotong setiap hari sebagai sumber kalsium untuk Lovebird (LB) biar bulu-bulunya tumbuh lebih kuat.

• Biji kwaci

Campurkan biji kwaci dicepuk pakannya, porsinya sanggup dilebihkan. Kandungan vitamin E pada biji kwaci sanggup menciptakan bulu-bulu Lovebird (LB) lebih mengkilap.

• Berikan jagung manis dan sayur-sayuran segar dengan hidangan bervariasi biar Lovebird (LB) tidak bosan dan tercukupi nutrisinya.

• Buah juga harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Lovebird (LB) pada ketika masa mabung/ngurak.

• Pakan utama Lovebird (LB) berupa milet tetap diberikan setiap hari, dan akan lebih baik jikalau milet terlebih dulu dicampur dengan minyak ikan biar bulu-bulu Lovebird tumbuh lebih besar lengan berkuasa dan lebih mengkilap.

Demikian sedikit isu ihwal perawatan tepat untuk Lovebird (LB) mabung/ngurak. Untuk isu lain seputar Lovebird (LB), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird (LB) mabung/ngurak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel