-->

Perbedaan Prenjak Tamu Dan Prenjak Lumut

Kalau dilihat sekilas, antara prenjak tamu dan prenjak lumut tampak sama. Tetapi jikalau diperhatikan secara seksama, akan tampak terang sekali perbedaan antara kedua burung tersebut, antara lain:

• Pada prenjak tamu, bab kepalanya berwarna merah hingga pipi dan bab bawah paruh hingga sekitar mata. Sedangkan pada prenjak lumut, warna merahnya hanya pada mahkotanya saja (bagian atas kepala).

• Ukuran badan prenjak lumut lebih kecil dibandingkan dengan prenjak tamu/prenjak kepala merah.

• Bagian punggung prenjak lumut berwarna kehijauan ibarat lumut, alasannya itulah kenapa dinamakan prenjak lumut, sedangkan prenjak kepala merah bab punggungnya berwarna abu-abu gelap.

• Warna kehitaman pada bab dada prenjak tamu jantan lebih lebar dan lebih gelap dibandingkan dengan prenjak lumut jantan.

• Paruh bab atas prenjak lumut berwarna sedikit kehitaman sementara paruh bab bawah berwarna putih kemerahan. Sedangkan paruh bab atas prenjak tamu warnanya lebih gelap, sementara paruh bab bawahnya berwarna putih kehitaman.

Dipasaran, prenjak tamu/prenjak kepala merah lebih terkenal dan harganyapun lebih mahal dibandingkan dengan prenjak lumut. Tapi sebetulnya, bunyi prenjak lumut tidak kalah manis dibandingkan dengan prenjak kepala merah. Kicauan prenjak lumut lebih variatif dan juga tidak kalah nyaring dengan bunyi prenjak tamu.

Perbedaan yang paling menonjol dari prenjak tamu dan prenjak lumut ialah pada warna bulu dibagian punggungnya dan bunyi kicauannya yang jelas-jelas berbeda.

Demikian sedikit info wacana perbedaan prenjak tamu dan prenjak lumut.
Untuk info lain seputar burung prenjak akan dibahas pada artikel yang lain.

DOWNLOAD bunyi prenjak lumut.mp3

DOWNLOAD bunyi prenjak tamu.mp3

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Prenjak kepala merah dan prenjak lumut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel