-->

Kacer Trotolan Hutan Vs Kacer Trotolan Hasil Penangkaran

Mungkin banyak Kacer mania yang galau untuk menentukan apakah akan memelihara Kacer trotolan hutan ataukah Kacer trotolan hasil penangkaran. Karena secara kualitas masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sebetulnya baik itu trotolan hutan ataupun dari penangkaran sama-sama bagus, asal indukannya berkualitas niscaya keturunannya juga akan berkualitas alasannya yaitu mewarisi gen dari indukannya.

Tapi sebelum kita menentukan apakah akan menentukan trotolan hutan atau dari penangkaran, tidak ada salahnya jikalau kita mencari tahu terlebih dulu apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing trotolan Kacer tersebut sebagai materi pertimbangan sebelum kita membelinya.

Berikut ini yaitu beberapa kelebihan dan kekurangan dari Kacer trotolan hutan dan Kacer trotolan hasil penangkaran:

Kacer trotolan hutan

Untuk Kacer trotolan hutan ada dua pilihan berdasarkan dari asal habitatnya yaitu Kacer trotolan yang didapatkan dari hutan dan pegunungan serta Kacer trotolan yang didapatkan dari perkebunan dan kawasan pesisir.

Secara kualitas dari kedua habitat tersebut, kawasan hutan dan pegununganlah yang lebih banyak menghasilkan Kacer-kacer berkualitas. Kacer-kacer yang berasal dari hutan dan pegunungan mempunyai mental fighter yang sangat tinggi, karakternya menyerupai dengan Murai kerikil (MB).

Mungkin alasannya yaitu habitatnya didalam hutan yang kehidupan sehari-harinya berdampingan dengan banyak spesies burung-burung fighter lain dan banyak predator yang menimbulkan Kacer dari wilayah tersebut mempunyai mental yang kuat.

Kehidupan yang keras didalam hutan yang harus bersaing untuk menguasai atau mempertahankan wilayah serta sumber makananlah yang membentuk mental fighter Kacer hutan menjadi semakin berpengaruh dan perilakunya menjadi lebih agresif.

Sementara untuk Kacer yang berasal dari wilayah perkebunan dan pesisir rata-rata mempunyai mental fighter yang rendah, alasannya yaitu mungkin tidak banyak pesaing dalam perebutan wilayah dan sumber kuliner didaerah tersebut.

Mungkin juga alasannya yaitu seringnya berinteraksi dengan insan disekitar habitatnya yang mejadikan Kacer dari kawasan perkebunan dan pesisir menjadi kurang agresif.

Kelebihan dari Kacer trotolan hutan yaitu masih mempunyai naluri liar dari hutan tempat asalnya. Sumber pakan alami yang diberikan induknya semasa masih dihutan tentunya juga lebih elok untuk masa-masa awal pertumbuhannya.

Jadi, fisik dan mentalnya tentu masih alami alasannya yaitu dilahirkan ditengah-tengah kehidupan alam liar yang keras.

Kacer trotolan hutan tentunya juga sudah banyak merekam suara-suara alam disekitarnya, yang tentunya lebih alami alasannya yaitu yang terekam yaitu bunyi dari burung-burung liar dan binatang-binatang liar disekitarnya.

Sedangkan kekurangan dari Kacer trotolan hutan yaitu pada sifat liarnya yang sulit dijinakkan dan perlu waktu cukup usang untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan manusia, alasannya yaitu selama dihutan Kacer tersebut tidak pernah sama sekali berinteraksi dengan manusia. Kecuali yang didapatkan dan dipelihara dari piyik/lolohan.

Kekurangan lainnya dari Kacer trotolan hutan, kita tidak bisa mengetahui kualitas indukannya, apakah induknya bermental elok atau bermental jelek.

Kacer trotolan hasil penangkaran

Sebetulnya lebih gampang untuk mendapat Kacer trotolan yang berkualitas jikalau kita membelinya dipenangkaran. Karena kita bisa melihat track record indukannya menyerupai apa. Dengan catatan, kita membelinya dipenangkaran yang sudah terpercaya.

Dengan mengetahui track record indukannya, maka kita bisa memprediksi menyerupai apa kualitas anakannya yang tentunya akan mewarisi sifat dan abjad dari induknya.

Kelebihan lain dari Kacer trotolan hasil penangkaran pastinya lebih jinak dan lebih gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan gres alasannya yaitu setiap hari sudah terbiasa berinteraksi dengan kehidupan manusia.

Sedangkan kekurangan dari trotolan Kacer hasil penangkaran adalah, Kacer tersebut tidak lagi mempunyai naluri liar yang alami, alasannya yaitu lahir dan tumbuh dipenangkaran dengan kehidupan yang kondusif dan nyaman serta semua kebutuhannya sudah disediakan oleh peternak, yang tentunya apa yang disediakan oleh peternak tersebut tidak akan bisa tepat untuk memenuhi kebutuhannya secara tepat dan seimbang, menyerupai pakan, minum, mandi, jemur dan acara sehari-harinya tidak akan bisa sama dengan kehidupan alami Kacer dihutan.

Berbeda dengan trotolan hutan yang dirawat oleh induknya dengan naluri alaminya, tentu akan lebih tepat alasannya yaitu terpenuhi semua nutrisi yang diperlukan selama masa pertumbuhannya, serta acara kesehariannya yang dipelajari secara alami dari lingkungannya yang menimbulkan Kacer trotolan hutan tumbuh sebagaimana mestinya sebagai petarung dengan bekal mental dan fisik yang tangguh.

Kekurangan lainnya dari Kacer trotolan hasil penangkaran tentunya secara fisik dan mental niscaya kalah tangguh dari trotolan hutan yang tentu pernah mencicipi kehidupan serba keras didalam hutan, pernah memakai sayapnya untuk terbang, pernah memakai nalurinya untuk berburu dan bertahan hidup dari serangan musuh, dan juga pernah berguru dari induknya bagaimana menjadi penguasa yang harus bisa mempertahankan wilayah teritorialnya dari bahaya Kacer lain.

Sementara Kacer trotolan dari penangkaran tidak pernah mencicipi semua itu dipenangkaran. Dia hanya lahir, makan cukup, tidur ditempat yang hangat dan nyaman tanpa perlu kuatir kelaparan dan tidak pernah merasa was-was dengan bahaya predator dan perebutan wilayah.

Kacer dari penangkaran tidak pernah memakai sayapnya untuk terbang, tidak pernah berguru berburu, tidak pernah mencicipi kerasnya kehidupan di alam liar. Kehidupan yang kondusif dan nyaman dipenangkaran tentunya akan membentuk mentalnya menjadi lemah dan manja jikalau kita tidak mendidiknya dengan tepat semenjak dini.

Kacer dari penangkaran juga tidak mempunyai isian bunyi alam, jadi kitalah yang mutlak harus mengajarkannya dengan suara-suara isian berdasarkan selera kita. Keuntungannya, materi isiannya bisa kita setting sesuai dengan trend bunyi isian pada lomba burung ketika ini.

:
Tips perawatan Kacer trotolan biar mempunyai mental fighter yang tangguh

Mengenali abjad Kacer biar tidak salah perawatan

Demikian sedikit isu ihwal Kacer trotolan hutan vs Kacer trotolan hasil penangkaran. Untuk isu lain seputar Kacer bisa dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Anakan Kacer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel