-->

Tips Perawatan Kacer Trotolan Semoga Mempunyai Mental Fighter Yang Tangguh

Memiliki Kacer yang bisa berprestasi tentunya menjadi harapan semua Kacer mania. Tapi tentunya tidak semudah yang dibayangkan, alasannya memelihara Kacer mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dengan segala permasalahannya menyerupai mbagong, hilang fighter, kanibal dan lainnya yang menciptakan banyak Kacer mania kemudian mengalah dan menentukan beralih haluan bermain burung jenis lain.

Untuk Kacer mania yang berkantong tebal tentunya tidak ada masalah, tinggal beli Kacer yang sudah berprestasi dan tinggal meneruskannya saja dengan perawatan dan settingan dari pemilik sebelumnya.

Tapi lain dongeng untuk para Kacer mania yang berkantong tipis, tentunya hanya bisa membeli kacer materi atau kacer rumahan yang harganya masih terjangkau dan berharap bisa mengorbitkan Kacernya semoga bisa berprestasi.

Namun pada kenyataannya sebagian besar hasilnya zonk, alasannya Kacer-kacer yang ada dipasaran tersebut rata-rata ialah Kacer buangan atau Kacer yang sudah rusak dan sulit untuk diperbaiki, dan jadinya nasibnya terdampar dipasar burung.

Tapi bukan mustahil harapan untuk mempunyai Kacer yang anggun dan bisa berprestasi itu bisa diwujudkan dengan modal yang minim, salah satu caranya ialah dengan memelihara Kacer dari trotolan semoga bisa dibuat mental dan karakternya semenjak dini.

Untuk menentukan trotolan Kacer juga harus diperhatikan beberapa hal berikut ini semoga nantinya hasilnya tidak mengecewakan, antara lain:

Jenis kelamin
Pilihlah yang berjenis kelamin jantan, mintalah jaminan jikalau kita membeli trotolan Kacer dari penangkaran semoga kalau ternyata trotolan Kacer yang kita beli tersebut ternyata berjenis kelamin betina bisa ditukarkan.

Demikian juga kalau kita membeli trotolan hutan, usahakan membeli pada pedagang yang sudah kita kenal baik semoga ada jaminan kalau ternyata trotolan yang kita beli tersebut berjenis kelamin betina bisa dikembalikan.

Sedangkan untuk ciri-ciri umum untuk trotolan Kacer jantan ialah sebagai berikut:
- Bulu hitam pada anakan/trotolan Kacer jantan warnanya lebih pekat.
- Warna trotolnya terlihat lebih coklat
- Bentuk kepalanya terlihat papak
- Posturnya lebih tegak dikala berdiri
- Tingkah lakunya lebih agresif
- Ujung pengecap pada penggalan dalam yang berbentuk aksara V tedapat spot berwarna hitam

Katuranggan
Dikalangan kicau mania dikenal istilah katuranggan, yaitu cara untuk melihat potensi seekor burung dari bentuk tubuh atau ciri fisiknya. Maka untuk menentukan anakan/trotolan Kacer juga perlu diperhatikan ciri-ciri berikut ini untuk meramal potensinya dimasa depan:
- Bentuk tubuh ramping memanjang
- Kedua sayap mengapit rapat dikedua sisi badannya.
- Kepala papak
- Paruh tebal dan panjang
- Mata melotot dengan sorot mata yang tajam
- Kaki besar dengan cengkeraman yang kuat

Perilaku
- Pilihlah trotolan yang tingkah lakunya paling bergairah dari yang lain
- Pilih yang nafsu makannya paling rakus
- Pilih yang berdirinya tegak membusungkan dada terkesan menyerupai menantang.

Perawatan harian untuk Kacer trotolan:

Lingkungan
Setelah mendapat trotolan Kacer, saatnya untuk merawatnya dengan perawatan yang baik dan tepat. Usahakan memelihara satu Kacer saja, jangan ada Kacer lain dirumah apalagi yang sudah sampaumur dan gacor, alasannya hal ini akan menciptakan trotolan Kacer yang kita pelihara akan merasa selalu terintimidasi dan berakibat pada rusaknya mental Kacer trotolan tersebut.

Dalam memelihara Kacer trotolan sebaiknya hanya ditemani burung-burung kecil saja menyerupai pleci, kolibri dan kenari sebagai masteran untuk menambah variasi isiannya sekaligus untuk menguatkan mental Kacer trotolan tersebut alasannya ia akan merasa paling lebih banyak didominasi dan paling berkuasa di lingkungannya.

Hal ini akan akan berdampak positif nantinya, alasannya Kacer trotolan tersebut sesudah sampaumur akan mempunyai mental sebagai penguasa wilayah (teritorial), hal ini dikarenakan setiap hari ia merasa menjadi yang paling lebih banyak didominasi diantara burung-burung lainnya.

Pakan
Berikan pakan bergizi berupa voor berprotein tinggi dan ekstra fooding (EF) menyerupai jangkrik, belalang, kroto, dll.
Gelontor pinjaman ekstra fooding (EF) sekenyangnya semoga pertumbuhan Kacer trotolan tersebut lebih cepat dan sempurna.

Mandi dan jemur
Mandikan dan jemur burung secara teratur, sesuaikan dengan karakternya semoga burung selalu sehat.
Bersihkan kandangnya setiap hari semoga terhindar dari penyakit.

Penempatan
Pindah-pindah daerah gantungannya semoga Kacer terbiasa berkicau ditempat berbeda dan nantinya sesudah sampaumur tidak menjadi andal sangkar yang hanya berani berkicau disatu daerah saja.

Umbaran
Biasakanlah untuk diumbar dari kecil semoga staminanya terbentuk semenjak dini. Dengan sering memakai sayapnya untuk terbang dikandang umbaran maka fisiknya akan semakin fit, staminanya akan semakin prima dan nafasnya akan menjadi lebih panjang.

:
Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit gosip perihal tips perawatan Kacer trotolan semoga mempunyai mental fighter yang tangguh. Untuk gosip lain seputar Kacer bisa dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer trotolan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel