-->

Membentuk Mental Fighter Cucak Ijo (Ci) Supaya Siap Lomba

Cucak ijo (CI) ialah burung dengan abjad semi fighter, jadi tidak semua Cucak ijo (CI) mempunyai mental fighter yang bagus. Karena itu, untuk menciptakan Cucak ijo supaya mempunyai mental fighter yang tinggi harus dilatih semenjak awal atau dimaksimalkan dengan perawatan dan terapi tertentu.

Perawatannya sendiri tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan sebab Cucak ijo dikenal sebagai burung yang tidak stabil. Mental tempur Cucak ijo akan muncul pada kondisi dimana tingkat birahi dan emosinya berada pada tingkat yang maksimal, dan tentunya untuk mendapat tingkat birahi dan emosi yang maksimal tersebut tidaklah gampang sebab memerlukan kejelian dari pemilik/perawat dalam memahami abjad dari Cucak ijo tersebut.

Tiga poin penting untuk mengondisikan Cucak ijo supaya mempunyai mental tempur yang kuat ialah birahi, emosi dan stamina.

Sebetulnya untuk semua jenis burung kicau yang dilombakan, tiga poin tersebut ialah kunci supaya burung dapat tampil maksimal dalam lomba.

Tiga poin penting tersebut dapat diperoleh dengan pengaturan pakan, penjemuran, mandi, umbaran, pengerodongan dan penempatan yang tepat.

Birahi
Untuk mendapat tingkat birahi yang maksimal, Cucak ijo (CI) harus mendapat asupan pakan berprotein tinggi menyerupai jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang dan lainnya.

Berikan Cucak ijo jangkrik sekenyangnya sebagai ekstra fooding (EF) harian selain pisang sebagai pakan utamanya. Dan pada ketika mau dilombakan tetap berikan jangkrik sekenyangnya selain buah-buahan menyerupai apel merah atau sawo sebagai pakan utamanya.

Emosi
Emosi sangat kuat pada mental tempur Cucak ijo supaya tampil ngotot dan bringas. Untuk memaksimalkan emosi Cucak ijo, dapat dengan cara penjemuran yang maksimal. Karena jikalau suhu tubuhnya meningkat maka emosinya juga akan tinggi.

Jemur Cucak ijo hingga benar-benar gelisah, cabut pakan dan minumnya cukup berikan jangkrik saja dalam cepuk supaya burung lebih bandel, tapi harus diawasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan (kalau tidak ada waktu untuk mengawasi, sebaiknya pakan dan minum tetap disediakan didalam kandangnya selama penjemuran).

Setelah selesai, anginkan dulu ditempat yang sejuk beberapa ketika supaya suhu tubuhnya stabil, gres berikan minum, buah dan jangkrik sekenyangnya lalu kerodong dan biarkan istirahat hingga esok paginya.

Agar performanya lebih maksimal tambahkan ulat hongkong (UH) atau kroto pada ketika mau dilombakan, tergantung dari cuaca pada ketika lomba berlangsung. Kalau cuaca sangat panas berikan kroto, kalau cuaca mendung atau hujan berikan ulat hongkong (UH).

Stamina
Hal yang tidak kalah penting berikutnya ialah stamina, sebab burung lomba mutlak harus mempunyai stamina yang prima supaya dapat tampil maksimal ketika dilombakan.

Stamina yang prima dapat diperoleh dari pengumbaran yang teratur. Pada ketika diumbar sediakan buah-buahan yang mengandung banyak air menyerupai pepaya atau sawo. Sediakan juga jangkrik yang cukup supaya burung dapat makan sesukanya untuk menggantikan energi yang digunakan untuk aktifitas terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran.

Tempatkan cucak ijo ditempat yang hening dan hangat untuk menjaga suhu tubuhnya supaya tetap stabil dan dapat beristirahat dengan hening untuk mengumpulkan tenaga sebelum perlombaan.

Agar stamina burung prima pada ketika dilombakan, mulai H-3 menjelang lomba burung diistirahatkan total tanpa aktifitas apapun menyerupai mandi, jemur ataupun umbar, cukup full kerodong hingga hari H lomba untuk menyimpan tenaga.

Untuk melatih mentalnya, seminggu sekali dapat ditrek dengan Cucak ijo lain yang usianya lebih muda, atau dibawa ke arena latber untuk membiasakan burung dengan suasana lomba walaupun tidak ikut digantangkan. Kalau dirasa mental dan performanya sudah bagus, dapat mulai dicoba di ikutkan latber (latihan bersama) terlebih dulu sebelum mengikuti event yang lebih besar.

:
Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit isu ihwal cara membentuk mental fighter Cucak ijo (CI) supaya siap lomba. Untuk isu lain seputar Cucak ijo (CI) dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak ijo (CI) fighter

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel