-->

Pakan Dan Ekstra Fooding (Ef) Untuk Kacer Serta Manfaatnya

1. Voor

Voor yaitu pakan utama untuk Kacer yang sudah dipelihara dalam kandang, tujuannya semoga lebih praktis, cukup taruh dalam cepuk sanggup untuk beberapa hari tanpa harus kuatir Kacer akan kelaparan.

Kalau mengenai kandungan nutrisinya, tentunya tidak akan sanggup menyamai kandungan nutrisi dari pakan alami Kacer ibarat serangga, ulat dan binatang-binatang kecil lainnya yang tentunya kandungan nutrisinya lebih elok bila dibandingkan dengan pakan buatan pabrik.

Dalam menentukan voor untuk Kacer lomba, juga dihentikan sembarangan asal burungnya doyan saja. Pilihlah voor yang kandungan proteinnya tinggi semoga sanggup menunjang kebutuhan protein Kacer setiap harinya.

Untuk kandungan materi baku voor juga harus diadaptasi dengan abjad Kacer yang akan mengkonsumsi voor tersebut, misalnya:

• Voor yang pada komposisi materi bakunya terdapat kandungan rumput bahari cocok untuk Kacer yang cepat panas/over emosi/fighter tinggi, alasannya yaitu sifat rumput bahari yang dingin, sanggup meredam suhu badan Kacer.

• Voor yang pada komposisi materi bakunya terdapat kandungan madu dan telur cocok untuk Kacer yang lambat panas/kurang emosi/fighter rendah. Karena telur dan madu berguna sanggup menghangatkan badan Kacer.

2. Ekstra fooding (EF)

Ekstra fooding (EF) yaitu poin paling penting untuk Kacer lomba alasannya yaitu fungsinya sebagai sumber protein utama yang berperan untuk mendongkrak stamina dan birahi Kacer, alasannya yaitu tanpa ekstra fooding (EF), Kacer niscaya akan loyo.

Beberapa jenis ekstra fooding untuk Kacer antara lain:

• Jangkrik
Jangkrik yaitu hidangan ekstra fooding (EF) yang wajib untuk semua tipe Kacer, baik itu Kacer dengan tipe fighter tinggi maupun Kacer dengan tipe fighter rendah.

Yang berbeda yaitu porsi pemberiannya, untuk Kacer tipe fighter tinggi tidak membutuhkan terlalu banyak asupan jangkri. Karena Kacer tipe ini sudah mempunyai mental fighter yang kuat, emosinya juga meluap-luap, jadi tidak perlu digenjot dengan banyak konsumsi jangkrik lagi.

Sedangkan untuk Kacer dengan tipe fighter rendah membutuhkan lebih banyak asupan jangkrik untuk mendongkrak birahi dan emosinya, sehingga mental fighternya sanggup meningkat.

NB: Akan lebih elok kalau memakai jangkrik alam, alasannya yaitu kandungan proteinnya lebih tinggi dari jangkrik broiler.

• Ulat hongkong (UH)
Ekstra fooding (EF) ini sangat diharapkan untuk Kacer yang lambat panas/fighter rendah, fungsinya untuk menaikkan tensi Kacer semoga gampang emosi sehingga lebih berangasan dan responsif dengan keberadaan Kacer lain disekitarnya.

Ulat hongkong (UH) tidak cocok untuk Kacer fighter tinggi alasannya yaitu akan membuatnya over emosi, tapi pada ketika cuaca dingin/hujan ulat hongkong juga sanggup diberikan untuk Kacer tipe fighter tinggi semoga suhu badan kacer tetap stabil.

Ulat hongkong (UH) juga berguna untuk menghangatkan badan kacer pada ketika cuaca dingin. Karena sifatnya yang panas, ulat hongkong (UH) juga sanggup digunakan pada ketika Kacer mabung untuk mempercepat rontoknya bulu-bulu Kacer.

NB: Usahakan memakai ulat hongkong (UH) yang gres berganti kulit, atau yang masih berwarna putih.

• Belalang
Belalang bekerjsama yaitu ekstra fooding (EF) terbaik untuk Kacer alasannya yaitu kandungan proteinnya yang lebih tinggi dari ekstra fooding (EF) jenis lainnya.

Belalang cocok digunakan untuk Kacer yang lambat panas/kurang fighter. Tapi alasannya yaitu sulit untuk mendapatkannya, belalang sanggup kita jadikan sebagai ekstra fooding (EF) alternatif saja.

NB: Pilihlah belalang yang masih muda/belum tumbuh sayapnya.

• Kelabang
Kelabang sanggup dijadikan ekstra fooding (EF) untuk mendongkrak emosi dan birahi Kacer yang lambat panas/tipe fighter rendah. Sebelum diberikan pada Kacer, capit dan ujung ekor/sengatnya terlebih dulu harus dibuang alasannya yaitu mengandung racun. Kelabang sanggup dijadikan sebagai ekstra fooding (EF) alternatif alasannya yaitu tidak gampang untuk mendapatkannya.

• Kroto
Kroto sangat diharapkan untuk Kacer yang temprament/tipe fighter tinggi, sifat kroto yang cuek berfungsi untuk meredam emosi Kacer yang terlalu tinggi, kroto juga sangat efektif sebagai penyuplai energi yang besar untuk Kacer alasannya yaitu kandungan proteinnya yang tinggi.

NB: Pilihlah kroto yang higienis dan masih segar.

• Ulat daun pisang
Ulat yang hidup didalam gulungan daun pisang ini sangat baik untuk digunakan sebagai hidangan ekstra fooding (EF) untuk Kacer yang over emosi/tipe fighter tinggi. Kandungan air dalam ulat ini bermanfaat mendinginkan suhu badan Kacer yang terlalu fighter.

Kandungan protein ulat daun pisang juga cukup tinggi dan tentunya sangat elok untuk mendongkrak stamina Kacer. Ulat daun pisang juga sanggup dijadikan ekstra fooding (EF) altetnatif untuk Kacer alasannya yaitu tidak gampang untuk mendapatkannya.

NB: Sebelum digunakan, bersihkan dulu serbuk putih pada permukaan ulat daun pisang memakai air hingga bersih.

• Ulat bambu
Ulat bambu sanggup digunakan pada ketika Kacer dalam kondisi over birahi (OB), keuntungannya hampir sama dengan ulat daun pisang. Ulat ini banyak dijual dikios-kios burung, jadi ulat bambu sanggup digunakan kapan saja kita membutuhkannya.

• Cacing
Cacing juga sanggup kita jadikan ekstra fooding (EF) alternatif untuk Kacer tipe fighter tinggi, fungsinya untuk menurunkan tensi Kacer yang emosinya meluap-luap dan juga sanggup untuk menurunkan birahi Kacer.

NB: Bersihkan dulu kotoran yang ada didalam perut cacing sebelum diberikan pada Kacer.

Beberapa jenis ekstra fooding (EF) di atas yaitu ekstra fooding (EF) yang biasa digunakan untuk Kacer sehari-hari atau menjelang lomba, dan masih ada beberapa ekstra fooding (EF) lain yang sanggup digunakan untuk Kacer sesuai abjad dan kebiasaan masing-masing Kacer.

:
Mengenali abjad Kacer semoga tidak salah perawatan

Demikian sedikit gosip perihal pakan dan ekstra fooding (EF) untuk Kacer serta manfaatnya. Untuk gosip lain seputar burung Kacer sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Beberapa jenis ekstra fooding (EF) yang umum digunakan untuk Kacer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel