-->

Pemasteran Cucak Ijo Lomba Dan Cucak Ijo Rumahan

Pemasteran yakni suatu cara untuk mengajarkan burung biar bisa menirukan bunyi burung lain atau suara-suara lain yang menjadi masterannya.

Sukses atau tidaknya pemasteran, tergantung dari tingkat kecerdasan burung yang kita master dan juga tehnik pemasteran yang kita lakukan.

Tingkat kecerdasan burung sangat memilih sukses dan tidaknya pemasteran yang kita lakukan. Karena ada tipe burung yang bisa dengan cepat menirukan bunyi masterannya dan ada juga yang membutuhkan waktu lama, bahkan ada yang sama sekali tidak bisa menyerap bahan yang kita ajarkan.

Penyebab kegagalan dalam pemasteran Cucak ijo bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

• Tingkat kecerdasan Cucak ijo yang memang rendah.

• Banyaknya faktor gangguan disekitar Cucak ijo yang sedang dimaster, menyerupai suara-suara gaduh atau aktifitas yang sering menciptakan Cucak ijo kaget sehingga menciptakan burung tidak konsentrasi dalam mempelajari bunyi masterannya.

• Karakter bunyi masteran tidak cocok dengan abjad bunyi Cucak ijo yang dimaster, contohnya saja burung yang dimaster mempunyai abjad bunyi nembak tapi dimaster dengan suara-suara tipe ngeroll, maka burung tersebut akan kesulitan untuk menirukan bunyi masteran tersebut.

• Faktor umur, biasanya Cucak ijo yang sudah tua, daya ingatnya sudah lemah. Kemampuannya untuk merekam suara-suara masteran tidak sebaik Cucak ijo yang masih berusia muda. Cucak ijo yang sudah bau tanah juga sudah mempunyai bunyi isian yang permanen, jadi untuk menangkap dan mempelajari suara-suara gres biasanya agak susah.

Pemasteran memang cukup penting untuk dilakukan, apalagi jikalau kita merawat Cucak ijo tersebut untuk tujuan lomba. Tujuannya biar Cucak ijo tersebut mempunyai variasi kicauan yang bagus, tentu akan membosankan jikalau kita memilki Cucak ijo yang bunyinya itu-itu saja (monoton) dan tentunya tidak akan dilirik juri pada ketika mengikuti lomba burung kicau, lantaran materinya tidak menonjol.

Ada 2 macam pemasteran untuk Cucak ijo, yaitu:

1. Untuk tujuan lomba

Pemasteran Cucak ijo untuk tujuan lomba mutlak harus mengikuti bunyi isian yang sedang demam isu dan masuk dalam kriteria evaluasi lomba burung kicau ketika ini, biar peluang Cucak ijo menjadi juara lebih besar.

Suara masteran yang tepat untuk Cucak ijo lomba bisa dilihat disini:

Kumpulan bunyi masteran untuk burung lomba dalam format Mp3

Untuk memaster Cucak ijo biar lebih efektif sebaiknya memakai burung asli, lantaran bunyi dari burung orisinil lebih gampang diserap dari pada memakai bunyi Mp3 player lantaran lebih alami.

Suara burung orisinil bisa didengar sepanjang hari dengan jeda yang alami dan tidak berpotensi menimbulkan Cucak ijo menjadi down asal dengan penempatan yang tepat.

Tempatkan burung-burung masteran agak jauh dari Cucak ijo yang dimaster, tapi tetap posisikan biar bunyi dari burung-burung masteran tersebut masih bisa terdengar dengan terperinci oleh Cucak ijo yang dimaster.

Demikian juga jikalau kita memaster Cucak ijo dengan memakai Mp3 player, atur volumenya jangan terlalu keras tapi intonasinya harus tetap terdengar terperinci oleh Cucak ijo yang dimaster.

Cucak ijo tergolong burung yang sangat cerdas untuk menirukan suara-suara burung lain, jadi walaupun dimaster memakai bunyi Mp3 player, Cucak ijo bisa menirukannya dengan sangat baik asal bunyi yang dimaaterkan cocok dengan abjad bunyi Cucak ijo tersebut.

Tapi sebaiknya jikalau kita memakai Mp3 player, atur biar suaranya mempunyai jeda biar terdengar alami oleh Cucak ijo. Karena bunyi Mp3 yang terus berulang-ulang tanpa jeda, bisa menimbulkan Cucak ijo menjadi down.

2. Untuk klangenan dirumah

Kalau tujuan kita memelihara Cucak ijo hanya untuk klangenan dirumah saja, sebaiknya jangan dimaster dengan suara-suara tembakan atau besetan lantaran tidak yummy untuk didengarkan dirumah, Cucak ijo rumahan sebaiknya dimaster dengan suara-suara orisinil burung hutan yang mengalun merdu biar yummy didengarkan.

Suara masteran yang tepat untuk Cucak ijo rumahan bisa dilihat disini:

Kumpulan audio Cucak ijo dalam format Mp3

Pemasteran yang paling efektif yakni pada ketika Cucak ijo dalam masa mabung dan dalam posisi full kerodong. lantaran burung akan lebih banyak membisu dan mendengar.

Tapi bukan berarti pada ketika kondisi normal (tidak mabung) burung tidak bisa dimaster, gandeng saja Cucak ijo setiap hari dengan burung-burung masteran biar lebih tepat dan fasih melantunkan bahan isiannya.

Untuk memaster Cucak ijo, tidak perlu mengikuti aturan-aturan tertentu yang harus begini atau harus begitu, cukup gandeng saja Cucak ijo setiap hari dengan burung-burung masteran yang gacor, atur jaraknya jangan terlalu dekat, cukup biar suaranya masih bisa terdengar dengan terperinci oleh Cucak ijo yang dimaster.

Demikian sedikit gosip wacana pemasteran Cucak ijo lomba dan Cucak ijo rumahan. Untuk gosip lain seputar Cucak ijo sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung-burung masteran untuk Cucak ijo lomba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel