-->

Cara Mengembalikan Jiwa Fighter Kacer Yang Terlalu Jinak Dan Manja

Di alam bebas, Kacer yaitu burung petarung yang sangat kasar dan tidak mempunyai toleransi terhadap keberadaan Kacer lain disekitar wilayah teritorialnya.

Kacer akan eksklusif mengusir Kacer lain yang mendekati daerahnya dengan kicauan dan gaya ngobranya untuk mengintimidasi lawannya terlebih dulu sebelum beradu fisik.
Naluri alami Kacer tersebut akan tetap menempel walaupun sudah dipelihara didalam kandang.

Tapi tidak sedikit Kacer yang hilang jiwa fighternya sehabis dipelihara usang didalam kandang, Kacer menjadi terlalu jinak, manja dan kolokan. Sifat manja tersebut terjadi sebab kesalahan dalam perawatan dan perlakuan sehari-harinya, sehingga Kacer menjadi kehilangan jati dirinya sebagai petarung yang agresif.

Kebanyakan Kacer yang jinak dan manja yaitu Kacer yang dipelihara dari lolohan dan selau dimanja serta digoda. Penyebab lainnya yaitu kurangnya sumbangan ekstra fooding (EF) yang menjadikan Kacer kekurangan asupan protein.

Jenis burung fighter menyerupai Kacer harus mempunyai stamina yang prima untuk menunjang abjad fighternya tersebut, sebab untuk melaksanakan sebuah pertarungan, Kacer memerlukan energi yang besar.

Untuk mendapat energi yang besar tersebut, maka Kacer harus mendapat asupan protein yang cukup. Karena itu, sumbangan ekstra fooding (EF) untuk Kacer porsinya harus benar-benar cukup (kenyang), jangan hanya mengandalkan voer saja sebab tidak akan sanggup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Kacer.

Kurangnya sumbangan ekstra fooding (EF) mengakibatkan Kacer selalu merasa lapar, hasilnya setiap melihat pemiliknya atau orang lain disekitar kandangnya, Kacer akan merengek-rengek manja meminta makanan. Jika hal itu terus berlangsung selama bertahun-tahun maka akan menjadikan lunturnya jiwa fighter Kacer tersebut.

Kacer akan menjadi semakin manja dan kolokan sebab kebiasaan jelek tersebut terus berlangsung setiap harinya, apalagi jika Kacer tersebut sering digoda maka sifat manjanya akan bertambah parah. Kalau sudah begitu, tentu Kacer tersebut tidak sanggup dibutuhkan lagi untuk sanggup tampil maksimal dalam lomba.

Untuk mengembalikan jiwa fighternya, Kacer perlu mendapat terapi khusus untuk mengembalikan nalurinya sebagai petarung, dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup usang biar Kacer kembali fighter dan garang lagi.

Berikut ini yaitu langkah-langkah untuk mengembalikan jiwa figter Kacer yang terlalu manja:

1. Perlakuan sehari-hari
Jangan pernah digoda lagi, cukup rawat biasa saja, menyerupai mandi keramba, jemur teratur, serta sumbangan ekstra fooding (EF), cukup ditaruh dicepuknya saja.

2. Perbaikan gizi
Jor jangkrik sekenyangnya setiap hari, untuk memperbaiki gizi dan memulihkan stamina Kacer.

3. Menaikkan emosinya
Jemur berpengaruh setiap hari hingga Kacer mangap dan gelisah. Setelah Kacer berpengaruh dijemur lama, lanjutkan dengan jemur sauna (burung kering kerodong kering) untuk mendongkrak emosinya dan menciptakan nafasnya lebih panjang.

4. Mengembalikan sifat liarnya
Agar Kacer menjadi lebih agresif, sebaiknya Kacer dibentuk biar semi giras sebab jika terlalu jinak biasanya rawan mbagong. Agar menjadi lebih giras, Kacer sanggup diumbar seminggu 2-3 kali biar naluri liarnya kembali lagi.

Selain untuk menjadikan Kacer lebih giras, pengumbaran juga bermanfaat untuk melatih stamina Kacer biar lebih berpengaruh dan nafasnya menjadi lebih panjang.

5. Penempatan
• Tempatkan Kacer ditempat yang sepi (di asingkan) untuk membatasi interaksi Kacer dengan lingkungan sekitarnya yang berpotensi mengakibatkan Kacer menjadi manja.
• Full kerodong biar Kacer sanggup istirahat total dan biar emosinya tetap stabil.

:

Penyebab Kacer kehilangan jiwa fighter

Manfaat terapi sauna untuk Kacer

Cara lain mengatasi Kacer mbagong

Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Lakukan perawatan di atas secara konsisten biar Kacer tidak kolokan lagi dan Kacer kembali pada sifat aslinya sebagai burung fighter yang garang.

Demikian warta wacana cara mengembalikan jiwa fighter Kacer yang terlalu jinak dan manja. Untuk warta lain seputar Kacer sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Terapi umbaran sangat efektif untuk mengembalikan sifat liar Kacer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel