-->

Perawatan Khusus Untuk Perkutut Mabung

Mabung pada perkutut dapat terjadi 2 kali dalam setahun, dan umumnya hanya berganti bulu secara bergiliran (nyulam). Sebetulnya burung Perkutut yang sedang dalam masa mabung, tidak perlu diberikan perawatan khusus seperti  perawatan mabung pada burung kicau.

Perkutut yang dalam kondisi mabung tidak mengalami penurunan performa yang signifikan. Karena pada umumnya walaupun sedang mabung, Perkutut masih tetap suara (manggung) walaupun tidak serajin pada kondisi normal (tidak mabung).

Tapi semoga kondisi perkutut tetap prima dan proses mabungnya berlangsung dengan baik, tidak ada salahnya jika dilakukan beberapa perawatan khusus untuk Perkutut mabung, diantaranya:

• Perkutut yang sedang mabung sebaiknya dipindahkan kedalam sangkar yang lebih luas/kandang umbara semoga Perkutut yang sedang mabung tersebut dapat melepaskan bulu-bulunya dengan lebih leluasa, sehingga proses mabungnya lebih sempurna.

• Berikan satu butir minyak ikan 2 hari sekali selama masa mabung semoga kondisi fisik Perkutut selalu fit dan pertumbuhan bulu-bulu gres mejadi lebih sehat dan lebih mengkilap.

• Berikan suplemen ketan hitam dan beras merah pada hidangan pakannya, takarannya masing-masing cukup setengah sendok teh saja untuk menghangatkan badan Perkutut.

• Selama masa mabung Perkutut tidak perlu dimandikan.

• Penjemuran tetap dilakukan setiap hari mulai jam 07.00 pagi semoga Perkutut tetap sehat. Tapi jangan terlalu lama, cukup 15-20 menit saja.

• Sebaiknya Perkutut yang sedang mabung ditempatkan ditempat yang tenang, jauhkan dari semua gangguan semoga proses mabungnya berjalan lancar.

:
Resep diam-diam semoga Perkutut cepat manggung dan gacor

Demikian sedikit isu perihal perawatan khusus untuk Perkutut mabung. Untuk isu lain seputar burung Perkutut dapat dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Perkutut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel