-->

Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Gampang Berhasil

Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis BerhasilTernak burung lovebird merupakan salah satu perjuangan yang sangat menjanjikan,  karena masih banyaknya peminat burung ini dipasaran. Selain itu, lovebird menjadi salah satu burung favorit sebab keindahan serta bunyi kekekan panjang yang lezat didengar. Tidak hanya kicaumania yang menyukai burung ini untuk dijadikan burung kontes, tetapi juga bawah umur hingga para perempuan yang menyukai burung ini sebab dirasa lucu dan gampang untuk dipelihara.

Dari banyaknya orang yang menyukai burung inilah, ternak lovebird sanggup dijadikan perjuangan untuk menambah penghasilan.  Selain perawatannya gampang juga tidak memerlukan daerah yang luas untuk memulai perjuangan ternak lovebird.

Sebagai pemula biasanya kita berfikiran bagaimana langkah awal ataupun apa saja yang diharapkan untuk memulai perjuangan ternak lovebird ini? Untuk itu pada artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap cara beternak burung lovebird untuk pemula.
  • TENTUKAN TUJUAN TERNAK 
Sebelum kita membahas wacana cara dan apa saja yang diharapkan untuk beternak lovebird alangkah baiknya anda mempunyai tujuan dahulu, apakah anda akan beternak lovebird yang ditujukan untuk lomba/ kontes ataukah mencetak lovebird yang mempunyai warna bagus.
Karena dari menentukan tujuan breeding inilah kita sanggup menentukan indukan yang sesuai untuk mencetak anakan yang nantinya sanggup mempunyai harga lebih tinggi dipasaran.
  • MEMILIH CALON INDUKAN YANG SEHAT
Untuk pemilihan calon indukan yang anggun sesuai dengan tujuan ternak, kita harus mempertimbangkan silsilah darimana burung ini berasal. Apakah burungnya mempunyai bunyi kencang dan panjang atau mempunyai warna lebih banyak didominasi yang jikalau ditangkarkan nanti akan menurun ke anakan.

Calon indukan yang baik untuk ditangkarkan haruslah burung yang sehat. Jika anda akan membeli calon indukan pastikan burung tidak dalam keadaan kegemukan yang ditandai dengan adanya gumpalan lemak diperut, serta burung  over birahi menyerupai pola burung yang suka mencabuti bulunya sendiri atau burung yang suka kawin pangkringan.
  • MENGETAHUI CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA
Bagi orang awam, untuk membedakan antara lovebird jantan dan betina dirasa cukup sulit, bahkan orang yang professional pun terkadang masih salah dalam membedakan kelamin burung LB. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang sanggup dipakai untuk mengetahui jenis kelamin LB kalau kita amati beberapa saat. Berikut yakni beberapa cara diantaranya.
  1. Bentuk lubang hidung, jikalau lubang hidung membentuk lonjong pipih itu lovebird jantan sedangkan betina mempunyai lubang hidung yang bulat.
  2. Bentuk garis putih dipinggir paruh, yang jantan mempunyai garis putih paruh yang lancip sedangkan betina tumpul.
  3. LB jantan cenderung mempunyai badan yang kecil daripada betina. 
  4. Bentuk gepitan sayap ketika bertengger, ketika bertengger ujung sayap LB jantan cenderung menyatu/ menyilang sedangkan betina tidak hingga menyatu
  5. Saat bertengger kaki betina lebih terbuka/ ngangkang, sedangkan jantan rapat bangun tegap
  6. Periksa tulang supit/ tulang panggul, betina mempunyai tulang supit yang lebih lebar dan lentur.
Untuk lebih mengetahu wacana cara membedakan jantan betina burung lovebird, silahkan baca artikel sebelumnya sebab pembahasan lebih rinci dan disertai gambar yang terang DISINI.
  • KETAHUI USIA LOVEBIRD
Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis BerhasilLovebird mulai mempunyai birahi mulai usia 5 bulan, tetapi untuk calon indukan yang baik sebaiknya minimal usia burung lovebird yakni 7 bulan sebab usia ini sanggup dikategorikan sebagai usia remaja. Jika burung lovebird yang dijodohkan terlalu muda dikawatirkan telur kopong dan tidak menetas, dan juga usahakan Lovebird jantan lebih bau tanah daripada betina.

Untuk mengetahui usia lovebird lihat cuilan paruh burung, jikalau burung masih muda akan ada semburat hitam pada pangkal paruh, sedangkan lovebird sampaumur warna paruhnya semakin memerah pekat dan kuat.
  • PERSIAPKAN KANDANG TERNAK LB
Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis BerhasilKandang/ sangkar untuk ternak lovebird menyesuaikan dengan jumlah lovebird yang di tangkarkan. Jika anda hanya mempunyai sepasang maka ukuran standart untuk sangkar yakni 50 x 100 x 50 cm, kalau anda mempunyai banyak indukan sanggup menggunakan sangkar koloni yang tentunya ukurannya jauh lebih besar. Praktis dan enaknya beternak lovebird itu ya ini, burung sanggup dikoloni dalam satu sangkar yang besar dan burung tersebut akan menentukan pasangannya sendiri.

Siapkan glodok untuk daerah bersarang burung, biasanya banyak yang jual dipasar. Jangan lupa siapkan juga ranting kering atau serbuk gergaji yang ditempatkan didalam glodok yang nantinya akan dibentuk sarang oleh burung tersebut (saya pribadi biasanya menggunakan ranting daun cemara kering).
  • PAKAN AGAR LOVEBIRD CEPAT BERTELUR
Agar lovebird cepat bertelur dan telurnya sanggup menetas dengan tepat maka burung harus diberikan masakan yang bergizi dan sanggup meningkatkan birahi burung tersebut. Beberapa masakan yang harus diberikan bergantian setiap hari yakni kangkung, tauge, kwaci, jagung muda, tulang sotong serta milet putih yang harus selalu ada disangkar.
  • CARA KAWINKAN LOVEBIRD
Mengetahui lovebird berjodoh atau tidak yaitu dengan melihat sikap burung, jikalau burung masih bertengkar maka pisahkan burung tersebut dan jikalau burung sudah kelihatan sering keluar masuk glodok maka sanggup dipastikan burung tersebut sudah berjodoh.

Jeda waktu lovebird kawin hingga bertelur yakni 8 hingga 10 hari, pada ketika sehabis kawin lovebird akan lebih aktif menciptakan sarangnya jadi jangan lupa siapkan glodok dan ranting kering
  • LOVEBIRD BERTELUR
Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis BerhasilJika lovebird sudah bertelur maka jangan pernah memindahkan ataupun melihat dan memegang telurnya sebab dikawatirkan burung tidak mau mengerami telurnya lagi. Proses pengeraman akan berlangsung sekitar  21 - 25 hari sebab telur LB tidak akan pribadi menetas bersanaan melainkan satu persatu, contohnya hari ini telurnya menetas satu, kemudian besoknya menetas lagi dan begitu seterusnya.

Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis BerhasilPerlu anda ketahui , Lovebird yang gres pertama kali bertelur, sebagian besar telurnya tidak menetas. Ini masuk akal sebab Lovebird mungkin belum siap kawin dan mungkin sebab beberapa faktor lain, di antaranya usia belum mapan, faktor lingkungan, serta faktor pakan. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab pada produksi kedua, biasanya telur akan menetas. Nah, telur pertama Lovebird yang tidak menetas tadi sering dinamakan telur dara.
  • TELUR LOVEBIRD MENETAS
Anakan lovebird yang gres menetas biar diurus oleh indukan, anda tunggu saja hingga anakan lovebird keluar dari sarang. Berikan masakan untuk indukan lovebird yang sedang meloloh anakan berupa jagung muda serta biji-bijian untuk pakan utamanya. Memberikan pakan yang bergizi kepada indukan yang sedang meloloh anakan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan anda beternak lovebird, sebab jikalau anda hanya menawarkan pakan alakadarnya dikawatirkan piyikan lovebird yang gres menetas tadi mati sebab kekurangan pakan atau pakan yang dikonsumsi kurang tepat.
  • MELOLOH LOVEBIRD
Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis BerhasilMengapa lovebird perlu diloloh? Tujuannya yakni untuk mempercepat indukan berproduksi lagi jadi akan lebih cepat menghasilkan anakan lagi.

Anakan Lovebird sanggup dipisah dari indukan pada usia 10 atau 14 hari. Kalau sudah pisah, Anda harus menawarkan pengawasan ekstra ke anakan Lovebird. Paling tidak, berikan lampu 5 watt sebagai penghangat tubuhnya.

Untuk meloloh anakan Lovebird, sebaiknya Anda menggunakan spet/ suntikan yang besar semoga Lovebird tidak tersedak. Suntikannya pun harus aman, jarum suntik dilepas dulu, kemudian diganti dengan selang lentur menyerupai karet pentil.

Lantas, makanannya apa saja? Menu masakan Lovebird sanggup berupa masakan bubur bayi yang telah diseduh dengan air hangat biasanya saya menggunakan bubur SUN/ CERELAC. Anda sanggup meloloh anakan Lovebird berkisar 4 jam sekali,  lakukan hal ini setiap hari hingga anakan Lovebird sanggup makan sendiri.

Racikan pakan lovebird lolohan
Vancy gold + pur ayam 591 + cerel*c beras merah (diblender trus disaring) untuk perbandingan dosis 1 banding 1 semua, diberikan mulai umur 10 hari hingga burung sanggup makan biji-bijian sendiri. Racikan pakan lovebird lolohan ini anggun untuk pertumbuhan burung, menciptakan anakan cepat besar dan sehat.

Demikian cara beternak lovebird untuk pemula, jikalau ada pertanyaan yang ingin ditanyakan silahkan anda tulis pada kolom komentar atau sanggup juga mengirimkan pesan lewat halaman kontak yang sudah kami sediakan. Semoga artikel ini membantu anda untuk lebih yakin untuk mencoba beternak burung lovebird.

VIDEO LOVEBIRD KAWIN

Cara beternak Lovebird berhasil dan gampang Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula Praktis Berhasil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel