-->

Cara Sembuhkan Snot Pada Lovebird, Cara Alami Dan Memakai Obat

Burung lovebird rentan sekali dengan sakit mata, bermula dari mata yang basah kemudian mulai bisul dan berselaput putih. Penyakit snot pada lovebird sanggup disembuhkan tetapi anda harus telaten dan konsisten dalam perawatannya.

Jika anda mengetahui burung anda mengalami tanda-tanda senot ibarat mata burung basah atau matanya sering ditutup sebelah serta sering menggosokkan potongan mata pada tangkringan maka pribadi berikan perawatan kusus pada burung tersebut dan tempatkan terpisah dari burung lain alasannya yaitu penyakit snot ini sanggup menular.

Ibarat insan yang sedang belekan burung ini juga mencicipi cenut-cenut pada kedua matanya yang menjadikan burung lebih banyak diam, bila tidak segera diobati maka sanggup dipastikan burung akan mati.
Burung lovebird rentan sekali dengan sakit mata Cara sembuhkan snot pada lovebird, Cara Alami dan Menggunakan Obat
Lovebird terkena penyakit snot
Sebelum kita membahas tentang obat alami untuk lovebird snot sebaiknya ketahui dahulu apa yang mengakibatkan penyakit mata pada burung tersebut. Beberapa hal yang sanggup mengakibatkan mata lovebird basah dan ujung-ujungnya snot yaitu sebagai berikut :
  • Asap dapur atau pembakaran sampah yang berembus menembus ke dalam sangkar / kandang, dan mengenai mata burung.
  • Pemilik atau perawat sering merokok di bersahabat sangkar / kandang, sehingga asapnya masuk ke dalam sangkar / kandang.
  • Kotoran burung/ amonia yang menumpuk serta udara yang lembab menjadikan mata basah dan berujung snot.
  • Kebersihan di bersahabat sangkar / sangkar kurang terjaga, sehingga debu, pasir, serbuk, dan benda halus sejenisnya gampang diterbangkan angin hingga masuk ke sangkar / kandang.
  • Di sekitar sangkar / sangkar terdapat benda-benda yang mempunyai dampak pantul dan kebetulan sering menerpa mata burung. Coba cek apakah ada pantulan cahaya dari beling atau seng di sekitar sangkar / kandang.
  • Setelah dijemur burung pribadi dikerodong juga sanggup mengakibatkan penyakit mata pada burung.
  • Gigitan serangga ibarat semut sanggup menjadikan mata bengkak.
Baiklah, sesudah mengetahui tanda-tanda dan penyebab snot kini kita akan bahas perihal cara merawat lovebird yang mengalami sakit radang mata ini. 
  • Tempatkan burung ditempat yang damai dan jauhkan dari burung lain biar tidak menular.
  • Pastikan kebersihan sangkar
  • Pastikan burung mendapat udara segar untuk mempercepat penyembuhan
  • Burung tetap dimandikan setiap pagi hari dengan air daun sirih
  • Burung tetap dijemur tapi jangan lama, 15 menit saya rasa cukup untuk menghangatkan tubuh
  • Setelah dijemur diangin-anginkan dan dikrodong dengan krodong yang tipis saja biar udara segar sanggup masuk dan tidak pengap.
  • Berikan vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh, referensi Eb*d Vit dan Sup*r N untuk mengobati pernafasan.
Obat alami untuk sembuhkan snot lovebird biasanya saya memakai Daun Sirih Merah dan juga Bunga Kitolot, untuk penggunaannya yaitu sebagai berikut :
  • Daun Sirih Merah, daun sirih merah ini berbeda dengan daun sirih pada biasanya, ruas pada daun sirih ini berwarna merah dan bila diteteskan pada mata rasanya lebih perih daripada daun sirih hijau biasanya. Untuk pengobatannya berikan 7 lembar daun sirih diremas2 dan dicampur dengan air 1 liter, air ini dipakai untuk memandikan burung biar kuman yang melekat pada burung cepat mati. Daun sirih merah ini juga sudah terbukti khasiatnya sebagai materi antiseptik yang sanggup membunuh kuman kuman penyakit.
  • Daun Sirih Merah untuk tetes mata burung, untuk menciptakan tetes mata ini siapkan 3 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci higienis kemudian diremas hingga halus, remasan halus ini jikalau dipencet akan keluar air yang licin, air itulah yang dipakai untuk obat tetes mata, biar lovebird cepat sembuh teteskan 3 x 1 hari.
  • Bunga Kitolot, sudah tidak diragukan lagi kasiat bunga kitolot untuk pengobatan mata, mata snot dan katarak pun perlahan sembuh dengan bunga ini. Cara pembuatannya ibarat daun sirih tadi bunga cukup dicuci dan diteteskan pribadi pada mata burung. Karena rasanya pedih mungkin burung akan mengeluarkan air mata lebih banyak, air mata inilah yang akan membuang kotoran yang ada didalam mata. Jika tidak menemukan daun kitolot disekitar anda kini banyak dijual dikios burung obat tetes mata yang terbuat dari daun kitolot.
Banyak yang beranggapan bahwa snot terjadi alasannya yaitu burung mengalami duduk perkara pernafasan, itu memang betul maka dari itu sudah dijelaskan diatas biar burung selalu mendapat udara segar dan menawarkan multi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

Obat tetes mata yang sering saya gunakan untuk menyembuhkan snot pada lovebird dirumah yaitu C*ndo X*trol, kenapa saya menentukan obat itu alasannya yaitu saya sudah memakai pada mata saya sendiri dan balasannya lebih cepat sembuh daripada obat tetes mata lainnya. Sebelum memakai obat tetes mata tersebut sebaiknya mata/ sekitar mata burung dikompres dan dibersihkan dengan air hangat sesudah itu gres teteskan 3 tetes saja obat tersebut pada mata burung.

Oiya!, jangan lupa berdoa sebelum melaksanakan pengobatan, anda harus yakin bahwa setiap penyakit niscaya ada obatnya.

Lakukan perawatan diatas secara rutin, jikalau anda menentukan memakai materi alami ibarat daun sirih dan bunga kitolot maka lakukan itu saja, jangan dicampur dengan obat tetes mata tadi. Jika kau menentukan dengan obat tetes mata untuk sembuhkan snot lovebird maka daun sirih sanggup dipakai untuk memandikan burung saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel