-->

Ciri-Ciri Fisik Dan Kelebihan Murai Kerikil Bordan

Murai Batu (MB) Bordan yakni istilah untuk menyebut Murai Batu hasil perkawinan silang antara Murai Batu Borneo dan Murai Batu Medan.

Kawin silang tersebut bertujuan untuk memadukan kelebihan dari kedua jenis Murai Batu (MB) tersebut untuk menghasilkan anakan yang berkualitas baik.

Sifat-sifat dari kedua jenis Murai Batu (MB) tersebut akan diturunkan pada anakannya yang merupakan perpaduan dari kedua indukannya. Dalam Crossing beda suku tersebut sebaiknya indukan betina berasal dari Borneo dan indukan jantan berasal dari Medan (Sumatera).

• Kelebihan Murai Batu (MB) Medan:

Murai Batu (MB) orisinil Medan mempunyai kelebihan pada postur tubuhnya yang besar, gagah dan proporsional, didukung dengan ekor yang panjang menjuntai yang semakin menambah elok penampilan burung ini. Selain bentuk fisiknya yang menawan, Murai Batu Medan juga populer mempunyai mental dan naluri fighter yang berpengaruh serta gaya tarung yang atraktif.

• Kelebihan Murai Batu (MB) Borneo:

Murai Batu (MB) Borneo mempunyai ciri khas menggembungkan bulu dadanya ketika berkicau terutama ketika bertemu lawan. Kelebihan Murai Batu Borneo sanggup melantunkan lagu-lagu ngeroll dengan gaya duduk atau nancap tanpa banyak loncat dari plangkringan. Tapi kekurangannya, Murai Batu Borneo lebih banyak membawakan lagu-lagu mati dan cenderung hanya satu arah saja.

Dengan menyilangkannya dengan Murai Batu (MB) Medan, maka anakan hasil dari kawin silang tersebut akan mempunyai banyak kelebihan yang diturunkan dari perpaduan kedua indukannya.

Anakan hasil crossing dari Murai Batu (MB) Borneo dan Murai Batu (MB) Medan tersebut kemudian disebut sebagai Murai Batu Bordan (Borneo-Medan) yang mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:

- Gaya mainnya cenderung lebih duduk/anteng diplangkringan dan hanya kepalanya saja yang naik turun sambil membawakan lagu-lagu ngeroll. Gaya tersebut diturunkan dari indukan Murai Batu (MB) Borneo.

- Murai Batu (MB) Bordan mempunyai mental fighter tinggi yang diwarisi dari indukan Murai Batu Medan.

- Memiliki gaya ngeplai ketika membawakan lagu dan mengeluarkan materi-materi tembakan.

- Memiliki variasi lagu lebih lengkap dengan volume lebih keras dan tembus.

- Gaya mainnya juga tidak hanya menaik-turunkan kepalanya saja ketika berkicau, tapi kepalanya lebih menekan kebawah bahkan hingga kebawah plangkringan yang merupakan ciri khas dari gaya main Murai Batu (MB) Medan.

Murai Batu (MB) Bordan juga tidak terlalu gembung menyerupai Murai Batu Borneo. Anakan hasil silangan Murai Batu Borneo dan Murai Batu Medan hanya akan menggembungkan bulu-bulu pada bab dibawah dadanya saja dan itupun juga tidak terlalu mencolok atau hanya semi gembung saja.

Murai Batu (MB) Bordan mempunyai bentuk kepala yang cenderung menyerupai indukan jantan Medan, yaitu paruh bab atas tidak terlalu panjang seperti Murai Batu Borneo, sedangkan ukuran panjang ekornya sedang, menyerupai dengan ekor Murai Batu Lampung atau Murai Batu Jambi tapi dengan rujukan ekor yang menyerupai dengan Murai Batu Medan.

Untuk mendapat kualitas Murai Batu (MB) Bordan yang terbaik, sebaiknya indukan betina menggunakan Murai Batu Borneo Kepala Putih/Murai Batu Kepala Haji alasannya Murai Batu jenis ini populer mempunyai kualitas terbaik dibandingkan Murai Batu Borneo lainnya, baik dari segi mental maupun kecerdasannya.

Tapi untuk kini ini banyak pedagang badung yang menjual Murai Batu Borneo terutama asal Palangkaraya yang diberi Label Murai Batu Bordan. Makara harus lebih hati-hati kalau kita ingin membeli Murai Batu Bordan, apalagi kalau burung tersebut tidak menggunakan ring peternak.

:

Keistimewaan Murai Batu (MB) blorok

Mengenal jenis-jenis Murai Batu Borneo/Kalimantan

Silsilah Murai Batu (MB) Balak dan keistimewaannya

Demikian sedikit info perihal "Ciri-ciri fisik dan kelebihan Murai Batu Bordan". Untuk info lain seputar Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Pola ekor Murai Batu Bordan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel