-->

Kelebihan Perkutut Lokal Alam Dibanding Perkutut Lokal Ternak

Bagi para penggemar Perkutut lokal, ada dua pilihan ialah Perkutut lokal alam dan Perkutut lokal ternakan yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Biasanya para penggemar Perkutut lokal lebih banyak yang menentukan Perkutut lokal alam sebab berkaitan dengan katuranggan/ciri mathi yang dipercaya hanya Perkutut lokal alamlah yang mempunyai tuah/yoni.

Dari segi bunyi Perkutut lokal alam juga lebih unggul sebab terbiasa memakai sayapnya untuk terbang sehingga otot-otot sayap dan dadanya lebih berpengaruh dan volume paru-parunya lebih besar, didukung dengan stamina yang berpengaruh sehingga bunyi manggungnya lebih lantang dari Perkutut ternak.

Secara fisik, daya tahan badan Perkutut lokal alam juga lebih berpengaruh dari Perkutut lokal ternak sebab di alam bebas Perkutut lokal alam terbiasa mengkonsumsi banyak sekali macam jenis pakan yang diharapkan oleh tubuhnya, sedangkan Perkutut ternak hanya mengkonsumsi pakan yang disediakan oleh peternak.

Kondisi Perkutut lokal alam yang terbiasa hidup di alam bebas dalam banyak sekali kondisi cuaca juga semakin menciptakan fisiknya semakin tangguh.

Jika dilihat sekilas antara Perkutut lokal alam dan Perkutut lokal ternak hampir tidak mempunyai perbedaan. Tapi bila diperhatikan secara seksama, bekerjsama ada beberapa ciri-ciri yang membedakan keduanya, antara lain:

• Bulu Perkutut lokal alam terasa lebih kaku bila disentuh dibandingkan Perkutut lokal ternak yang mempunyai bulu lebih lembut.

• Warna bulu Perkutut lokal alam lebih gelap dari Perkutut lokal ternak yang mempunyai warna bulu lebih cerah (keputihan/keperakan).

• Sisik kaki Perkutut lokal alam tampak bernafsu dan kering dibanding sisik kaki Perkutut lokal ternak yang terlihat basah.

• Jari-jari Perkutut lokal alam lebih renggang dengan cengkeraman yang tidak terlalu kuat. Sedangkan Perkutut lokal ternak jari-jarinya tidak terlalu renggang dengan cengkeraman yang lebih kuat.

• Bola mata Perkutut lokal alam lebih cerah dan sorot matanya lebih tajam dari Perkutut lokal ternak.

• Tubuh Perkutut lokal alam tampak lebih bundar dengan kaki yang lebih pendek dari Perkutut lokal ternak.

• Leher Perkutut lokal alam terlihat lebih pendek dibanding Perkutut lokal ternak.

• Ujung paruh potongan atas Perkutut lokal alam tisak melengkung kebawah/rata dengan paruh potongan bawah sebab terbiasa makan ditanah yang lunak. Sedangkan Perkutut lokal ternak, ujung paruh potongan atasnya lebih melengkung kebawah.

• Suara Perkutut lokal alam mempunyai tempo yang lebih cepat dari ketukan ke ketukan berikutnya, sedangkan Perkutut lokal ternak lebih lelah/senggang. Variasi elemen bunyi Perkutut lokal alam lebih banyak daripada Perkutut lokal ternak.

• Perkutut lokal alam mempunyai huruf giras dan sulit jinak walaupun sudah dipelihara cukup lama, sedangkan Perkutut lokal ternak lebih jinak sebab sudah terbiasa berinteraksi dengan Manusia

:

Pakan yang manis untuk Perkutut serta manfaatnya

Campuran pakan untuk Perkutut supaya rajin manggung

Cara beternak Perkutut lokal yang efektif

Demikian sedikit gosip perihal "Kelebihan Perkutut lokal alam dibanding Perkutut lokal ternak". Untuk gosip lain seputar Perkutut, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Perkutut liar (lokal alam)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel