-->

Pakan Yang Cantik Untuk Perkutut Serta Manfaatnya

Perkutut yaitu jenis burung pemakan biji-bijian yang sangat gampang perawatannya. Burung ini tidak memerlukan perawatan yang merepotkan menyerupai jenis burung lainnya.

Untuk perawatan hariannya, Perkutut cukup diberikan pakan berupa biji-bijian menyerupai milet, jewawut, gabah, ketan hitam, godem dan biji-bijian lainnya tanpa perlu diberikan Ekstra fooding (EF) setiap hari menyerupai perawatan burung ocehan.

Dengan diberikan pakan berupa adonan biji-bijian yang berkualitas, maka Perkutut akan sehat dan rajin bunyi/manggung.

Berikut ini beberapa jenis pakan untuk Perkutut dan manfaatnya:

• Milet

Milet merupakan pakan yang penting untuk Perkutut, alasannya yaitu kandungan gizinya sangat anggun untuk Perkutut. Milet sanggup dipakai untuk segala jenis Perkutut dan juga anggun untuk Perkutut yang dipelihara dalam sangkar soliter maupun untuk Perkutut yang ditangkarkan.

Tapi khusus untuk Perkutut yang dipelihara dalam sangkar soliter, jangan diberikan secara hiperbola alasannya yaitu akan mengakibatkan kegemukan dan sanggup menjadikan Perkutut menjadi malas bunyi.

• Gabah

Selain milet, pakan yang disukai Perkutut yaitu gabah, tapi bukan gabah padi biasa yang untuk konsumsi Manusia. Jenis gabah yang dipakai sebagai pakan untuk Perkutut yaitu gabah bangkok yang ukuranya jauh lebih kecil dari gabah biasa dengan bentuk agak bulat/oval.

Ada dua jenis gabah bangkok yang biasa dipakai untuk pakan Perkutut, yaitu:

- Gabah bangkok merah

Sesuai namanya, gabah ini isinya berwarna merah dan ukurannya lebih besar dari gabah bangkok putih. Gabah bangkok merah cocok dikonsumsi Perkutut yang ditangkarkan alasannya yaitu mempunyai kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

- Gabah bangkok putih

Gabah ini isinya berwarna putih dan mempunyai ukuran yang lebih kecil dari gabah bangkok merah, dan biasanya gabah bangkok putih banyak dipakai untuk Perkutut anggungan dan Perkutut lomba.

• Jewawut

Jewawut mempunyai bentuk yang menyerupai dengan milet, tapi warnaya oranye dan tekstur kulitnya agak kasar. Jewawut sangat anggun diberikan pada Perkutut yang diternakkan. Untuk indukan yang sedang mengerami telurnya atau yang sedang meloloh piyikan sebaiknya diberikan pakan jewawut secara rutin alasannya yaitu selain kandungan proteinnya yang tinggi, jewawut juga bermanfaat untuk mengurangi resiko indukan terjangkit penyakit kejang-kejang yang sanggup berujung pada tamat hidup pada ketika mengeram.

Selain itu, jewawut juga perlu diberikan pada piyikan Perkutut yang sudah berusia 2-5 bulan atau diberikan pada Puter yang menjadi induk asuh/baby sitter yang sedang meloloh piyikan Perkutut biar perkembangan piyik/anakan Perkutut menjadi sehat dan cepat besar.

• Ketan hitam

Perkutut bahu-membahu kurang menyukai ketan hitam, tapi hal itu sanggup di akali dengan cara menumbuk ketan hitam menjadi butiran-butiran kecil lalu dicampurkan dengan pakan biji-bijian lainnya biar Perkutut mau memakannya.

Ketan hitam sangat anggun diberikan pada Perkutut ketika cuaca dingin/musim hujan alasannya yaitu keuntungannya untuk menghangatkan badan Perkutut.

Tapi walaupun bermanfaat, kalau diberikan dengan porsi yang hiperbola dalam jangka waktu usang akan mengakibatkan rusaknya bunyi Perkutut dan juga sanggup mengakibatkan bulu-bulu Perkutut menjadi gampang rontok.

• Godem

Godem mempunyai bentuk yang menyerupai dengan jewawut, tapi tekstur kulitnya lebih halus dan mengkilap. Godem mempunyai manfaat yang hampir sama dengan ketan hitam, yaitu untuk menghangatkan badan Perkutut dan juga untuk menciptakan Perkutut lebih rajin bunyi/manggung. Tapi kalau diberikan secara hiperbola dalam jangka waktu usang sanggup mengakibatkan rusaknya bunyi Perkutut.

• Beras merah

Beras merah memang tidak lazim/umum dipakai sebagai pakan Perkutut. Tapi tidak jarang para peternak memakai beras merah untuk Perkutut yang ditangkarkan alasannya yaitu kandungan vitamin E dalam beras merah termasuk cukup tinggi dan bermanfaat untuk memacu produktivitas indukan Perkutut.

:

Campuran pakan untuk Perkutut biar rajin manggung

Tips menentukan bakalan Perkutut yang anggun dikandang ombyokan

Ciri-ciri Perkutut yang mempunyai bunyi bagus

Demikian sedikit informasi perihal "Pakan yang anggun untuk Perkutut serta manfaatnya". Untuk informasi lain seputar Perkutut, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Campuran pakan Perkutut

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel