-->

Manfaat Terapi Sangkar Umbaran Untuk Cucak Ijo

Sebetulnya sangkar umbaran sangat bermanfaat untuk semua jenis burung termasuk Cucak ijo (CI), alasannya burung diciptakan memang untuk sanggup terbang memakai sayapnya.

Dengan di umbar maka seluruh organ tubuhnya akan berfungsi secara optimal alasannya otot-otot sayap dan dadanya dipakai untuk terbang sehingga staminanya menjadi kuat, fisiknya lebih sehat dan nafasnya menjadi panjang yang akan berdampak pada performa kicauannya.

Cucak ijo (CI) yang sudah usang dipelihara didalam sangkar harian yang sempit tentu tidak pernah lagi sanggup bergerak secara leluasa, dan otot-otot tubuhnya tidak pernah dipakai lagi untuk beraktifitas berat sehingga organ-organ tubuhnya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam waktu yang lama, hal itu akan berdampak pada menurunnya performa dan kualitas kicauannya serta akan timbul banyak sekali permasalahan dari mulai fisik, mental dan kesehatan Cucak ijo (CI).

Kandang umbaran atau polier mempunyai banyak sekali manfaat untuk Cucak ijo (CI), terutama untuk Cucak ijo (CI) lapangan yang memerlukan stamina prima untuk bertanding di arena lomba.

Dengan di umbar, maka Cucak ijo (CI) menyerupai kembali pada kodratnya yakni memakai sayapnya untuk terbang dan merasa menyerupai dihabitat aslinya, walaupun tidak leluasa menyerupai di alam bebas tapi setidaknya semua organ-organ tubuhnya sanggup berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Berikut ini beberapa manfaat terapi umbaran untuk Cucak ijo (CI):

• Menjaga stamina dan fisik Cucak ijo (CI) supaya selalu fit

Dengan rutin di umbar, seluruh otot-otot tubuhnya digunanakan untuk bergerak sehingga semua organ-organ tubuhnya sanggup berfungsi lagi secara normal.

• Menguatkan otot-otot dada dan sayap Cucak ijo (CI)

Dengan rutin di umbar, maka akan berdampak secara signifikan pada power bunyi Cucak ijo (CI) menjadi lebih lantang dan bertenaga. Karena power bunyi yang dihasilkan seekor burung berkaitan dengan otot-otot dada dan lehernya.

• Menguatkan nafas

Dengan rutin di umbar akan menciptakan nafas Cucak ijo (CI) menjadi lebih panjang dan akan lebih berpengaruh berkicau dari awal hingga selesai perlombaan. Nafas yang panjang memang sanggup dilatih dengan durasi penjemuran yang lama, tapi akan lebih maksimal jikalau fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga sanggup mendapat dua manfaat sekaligus yakni nafas yang panjang dan stamina yang prima.

• Mencegah kegemukan

Dengan terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran, maka akan lebih cepat memperabukan kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak di dalam badan Cucak ijo (CI).

• Mencegah stres

Ketika berada didalam sangkar yang luas, Cucak ijo (CI) sanggup lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya menyerupai di alam bebas. Selain itu juga sanggup menjadi sarana refreshing untuk Cucak ijo (CI) yang sudah terlalu usang berada didalam sangkar berukuran kecil (kandang harian) sehingga Cucak ijo (CI) merasa menyerupai berada dihabitat aslinya.

Tapi perlu diperhatikan, untuk melaksanakan pengumbaran jangan asal-asalan saja memasukkan Cucak ijo (CI) kedalam sangkar umbaran. Kita harus melihat kondisi Cucak ijo (CI) yang akan kita umbar, apakah burung memang perlu diumbar atau justru sebaliknya burung perlu banyak istirahat alasannya kondisi fisiknya sedang tidak fit. Karena jikalau hingga salah analisa, bukannya menjadi lebih baik sesudah di umbar tapi kondisinya justru akan bertambah parah (ngedrop).

Jika Cucak ijo (CI) dalam kondisi yang tidak fit dan tetap dipaksakan untuk berolah raga didalam sangkar umbaran, maka jadinya kondisi Cucak ijo (CI) akan semakin ngedrop alasannya staminanya akan terkuras untuk terbang bolak-balik didalam sangkar umbaran.

Jadi, Cucak ijo (CI) yang akan diumbar harus benar-benar dalam kondisi yang fit, alasannya terapi umbaran benar-benar akan menguras stamina burung.

Ketika di umbar, Cucak ijo (CI) juga harus diberikan pakan berupa buah-buahan dan Ekstra fooding (EF) dalam jumlah yang cukup dan air minum juga harus disediakan.

Pemberian pakan dan Ekstra fooding (EF) menyerupai jangkrik dan kroto dengan porsi tanpa batas pada waktu diumbar bertujuan supaya Cucak ijo (CI) tidak kehabisan tenaga alasannya suplai pakan selalu tersedia, jadi dikala merasa lapar maka Cucak ijo (CI) sanggup eksklusif makan semaunya. Intinya, pembakaran kalori yang besar harus di imbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai supaya kondisi fisik Cucak ijo (CI) tidak ngedrop.

Terapi umbaran sanggup dilakukan 2-3 kali seminggu supaya Cucak ijo (CI) tidak kelelahan. Usahakan penempatan sangkar umbaran diletakkan ditempat yang terkena sinar Matahari secara eksklusif supaya Cucak ijo (CI) sanggup sekalian berjemur, usahakan juga supaya penempatan sangkar umbaran kondusif dari gangguan predator menyerupai kucing dan binatang-binatang lainnya yang sanggup menyerang dan menjadikan Cucak ijo (CI) ketakutan.

Sebaiknya plangkringan/tenggeran dibentuk dengan posisi atas dan bawah, yakni posisi bawah dibagian depan (didepan pintu kandang) dan posisi atas dibagian belakang supaya Cucak ijo (CI) sanggup terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk latihan fisik Cucak ijo (CI).

Dengan melaksanakan pengumbaran secara teratur dan konsisten, maka lama-kelamaan kondisi fisik Cucak ijo (CI) akan semakin fit dengan stamina yang semakin berpengaruh dan nafas lebih panjang sehingga dikala dilombakan sanggup tampil lebih maksimal.

Mungkin pada waktu pertama kali di umbar, Cucak ijo (CI) akan terlihat ngedrop dan kelelahan alasannya belum terbiasa, tapi sesudah terapi umbaran berjalan 1-2 bulan maka hasilnya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental Cucak ijo (CI), alasannya keuntungannya untuk mengembalikan burung menyerupai pada habitat orisinil dan kodratnya, yakni terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Cucak ijo (CI) yang sudah terlalu usang berada didalam sangkar harian tentunya tidak pernah lagi memakai sayapnya untuk terbang yang menciptakan otot-otot sayap dan otot-otot dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, dan hal itu lama-kelamaan niscaya akan berdampak pada menurunnya performa dan kualitas kicauannya.

:

Mengenal aksara dasar Cucak ijo (CI)

Cara mengobati serak pada Cucak ijo (CI)

Solusi Cucak ijo (CI) melet

Demikian sedikit gosip perihal "Manfaat terapi sangkar umbaran untuk Cucak ijo". Untuk gosip lain seputar Cucak ijo (CI), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak ijo (CI) didalam sangkar umbaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel