-->

Cara Bedakan Anakan Canting Jantan Dan Betina

Beberapa waktu kemudian saya menemukan sarang burung canting dipucuk pohon mangga, ternyata ada 2 ekor burung yang masih diloloh sama indukannya, tanpa saya permisi eksklusif saya ambil sarang tersebut dengan niatan ingin saya rawat sendiri untuk memaster burung lain dan kalau dirawat dari lolohan burung niscaya jinak dan cepat gacor.

Untuk anakan canting/ sogok ontong yang saya temukan ini saya loloh dengan pakan kroto higienis dan air gula, tetapi beberapa ketika saya kepikiran ini yang jantan mana ya alasannya ialah burungnya kelihatan sama dan sangat sulit sekali membedakan kelamin canting anakan ini.
Beberapa waktu kemudian saya menemukan sarang burung canting dipucuk pohon mangga Cara Bedakan Anakan Canting Jantan dan Betina
Perbedaan Anakan Sogok Ontong Jantan dan Betina
Membedakan sogok ontong trotol memang gampang alasannya ialah bulu sudah ada trotol metalik tetapi untuk membedakan anakan yang masih belum mempunyai trotol akan cukup sulit, maka dari itu saya menandai salah satu burung temuan saya tersebut untuk mempelajari dan mencari perbedaan canting anakan jantan dan betina.

Setelah saya amati hingga keluar trotol metalik kurang lebih sehabis 40 hari saya rawat, perbedaan jantan dan betina anakan canting ini sanggup dilihat dari ciri fisik, warna serta tingkah laku. Berikut data yang saya amati sehabis memelihara anakan burung madu sriganti.

Ciri Anakan Canting Jantan
  • Warna bulu cenderung kuning pekat atau lebih menyala, warna bulu ini masih pekat kalau kita gres sanggup tetapi kalau sudah kita rawat dan kita beri makan menyerupai kroto dan air gula biasanya warna menjadi agak pudar.
  • Alis mata lebih panjang dan tebal dibandingkan kolibri betina
  • Jika diamati kepala canting jantan lebih besar dan kotak
  • Warna ekor cenderung hitam gelap
  • Warna bulu dada kuning pekat/ kuning tua/ cenderung agak oren
  • Pangkal paruh kuning pekat cenderung orange
Ciri Anakan Canting Betina
  • Warna bulu cenderung kuning pudar agak keputihan, walaupun gres didapat dari alam untuk canting betina mempunyai warna yang pudar.
  • Alis mata pendek dan tipis
  • Kepala cenderung lonjong
  • Warna ekor hitam dof/ hitam pudar
  • Warna bulu dada kuning pudar 
  • Pangkal paruh putih pucat
Untuk tingkah laris ketika diloloh kebetulan anakan sogon betina yang saya temukan lebih berangasan daripada yang jantan, saya tidak sanggup memastikan apakah itu sanggup dijadikan patokan apa tidak dan anakan betina kelihatan lebih besar dari jantan.

Itulah beberapa cara untuk membedakan anakan sogok ontong jantan dan betina, jikalau anda mempunyai anakan burung ini jangan lupa untuk memaster burung tersbut biar suaranya bervariasi. Untuk bunyi masteran sanggup dengan burung kenari atau burung lovebird.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel