-->

Ciri-Ciri Burung Larwo/Murai Watu Jawa

Selama ini Murai Batu (MB) lokal yang umum kita kenal ialah Murai Batu yang berasal dari Sumatera (Medan, Aceh, Lampung, Jambi, Nias, Bahorok, dan lainnya) dan dari Kalimantan/Borneo (Banjar, Palangka, dan MB kepala haji).

Tapi selain dari Sumatera dan Kalimantan, ternyata di Jawa juga ada jenis burung Murai Batu (MB) yang biasa disebut Larwo (Lar dowo) yang dalam bahasa Indonesia artinya "ekor panjang".

Larwo ialah Murai Batu (MB) orisinil dari Pulau Jawa yang dulu pernah terkenal dikalangan Kicau Mania sebelum Murai Batu dari Sumatera dan Kalimantan bayak didatangkan ke Pulau Jawa.

Nasib Larwo tidak berbeda jauh dengan burung-burung kicauan lain yang sekarang populasinya semakin langka dan terancam punah akhir perburuan liar dan tidak adanya upaya untuk menangkarkan burung ini.

Ciri-ciri burung Larwo:

• Secara fisik, ukuran badan Larwo cenderung lebih kecil dibanding dengan Murai Batu (MB) asal Sumatera dan Kalimantan. Postur tubuhnya terlihat lebih pendek dan lingkaran (buntet) dengan ekor yang tidak terlalu panjang sekitar 14-15 cm.

• Batas antara bulu hitam dan coklat pada dadanya melebar hingga hampir kebagian perut menyerupai Kacer, berbeda dengan Murai Batu (MB) pada umumnya yang mempunyai bulu hitam pada dadanya sejajar dengan posisi sayap.

• Perbedaan yang paling mencolok antara Larwo dengan Murai Batu lainnya ialah pada gayanya dikala berkicau. Ciri khas Larwo yaitu dikala berkicau/bertarung akan membuatkan bulu-bulu kepalanya (njambul) menyerupai gaya tarung Cucak Ijo (CI) dan juga akan menaikkan ekornya ke atas menyerupai Ciblek.

• Karakter bunyi Larwo menyerupai dengan bunyi Murai Batu (MB) Borneo yang cenderung didominasi suara-suara pendek dengan banyak siulan dan kurang variatif dikala berkicau sendirian. Tapi bunyi Larwo terdengar lebih kering, sedangkan bunyi Murai Batu Borneo sanggup dikatakan agak basah.

:

Ciri-ciri perbedaan Murai Batu jantan dan betina

Keistimewaan Murai Batu (MB) kaki hitam dan paruh celah

Ciri-ciri Murai Batu muda hutan (MH) pancingan

Demikian sedikit gosip perihal "Ciri-ciri burung Larwo/Murai Batu Jawa". Untuk gosip lain seputar Murai Batu (MB), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Larwo/Murai Batu Jawa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel