-->

Penyebab Lovebird Tidak Mau Kawin Dan Cara Mengatasinya

Dalam beternak Lovebird (LB) sering kali kita jumpai permasalahan dimana kedua calon indukan Lovebird tidak juga melaksanakan perkawinan dengan pasangannya.

Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda, dilema menyerupai itu lumrah terjadi alasannya Lovebird muda memang belum waktunya kawin atau belum birahi.

Beberapa faktor penyebab pasangan Lovebird (LB) tidak mau kawin:

• Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda biasanya salah satu atau keduanya belum birahi.

• Pasangan Lovebird (LB) sanggup saja terlihat berjodoh, alasannya tidak ada sikap bernafsu (galak) yang dilakukan oleh keduanya. Tapi walaupun terlihat akur dan mesra namun tidak juga mau melaksanakan perkawinan. Jika hal ini yang terjadi dalam waktu yang cukup usang maka sanggup disimpulkan jika kedua Lovebird tersebut tidak berjodoh. 

• Kadang kedua Lovebird (LB) terlihat akur, selalu berdampingan dan saling meloloh tapi tidak pernah melaksanakan perkawinan. Hal itu biasanya terjadi alasannya kedua Lovebird tersebut berjenis kelamin sama, alasannya walaupun sesama jenis tingkah laris Lovebird cenderung menyerupai jantan dan betina.

Tips semoga pasangan Lovebird (LB) mau kawin:

Usia cukup umur kelamin Lovebird (LB) adalah pada usia 8-9 bulan. Pada usia tersebut Lovebird sudah memasuki masa kawin.

Tapi terkadang walaupun sudah memasuki usia cukup umur kelamin, tapi kedua calon indukan tidak juga mau melaksanakan perkawinan. Hal itu sanggup kita atasi dengan beberapa cara berikut ini:

• Berikan pakan yang bergizi berupa gabungan biji-bijian menyerupai milet putih, milet merah, biji bunga matahari, canary seed, gambah merah, dan biji-bijian lainnya.

• Selain pakan berupa biji-bijian, Ekstra fooding (EF) seperti: jagung muda, kangkung, tauge, dan buah-buahan juga harus diberikan semoga kondisi kesehatan Lovebird (LB) selalu terjaga dan cepat birahi.

• Saat proses perjodohan, berikan vitamin khusus breeding untuk memicu birahi calon indukan jantan dan betina semoga cepat melaksanakan perkawinan.

• Pada ketika masa perjodohan pertama kali berlangsung, sebaiknya kotak glodok jangan dimasukkan ke sangkar ternak dulu hingga kedua calon indukan Lovebird (LB) terpantau sudah melaksanakan perkawinan.

• Bersihkan sangkar ternak secara rutin setiap hari semoga Lovebird (LB) merasa nyaman dan selalu sehat.

• Air minum harus diganti setiap hari dengan yang baru/bersih.

Ciri-ciri Lovebird (LB) yang sudah siap kawin:

• Kedua calon indukan Lovebird (harus jantan dan betina) akan selalu berdampingan dan saling meloloh.

• Jika kedua pasangan Lovebird (LB) terlihat sudah dekat/akur, coba pisahkan keduanya untuk beberapa ketika kemudian pantau tingkah lakunya. Jika kedunya saling berkicau dan menabrak jeruji sangkar berarti kedua Lovebird (LB) tersebut saling suka.

• Jika Lovebird (LB) jantan sudah siap kawin, biasanya akan sering meloloh pasangannya.

• Jika sikap tersebut sudah terpantau sering dilakukanileh kedua calon indukan maka dalam beberapa hari kedua pasangan Lovebird tersebut akan melaksanakan perkawinan. Lovebird betina akan membuka sayap menyerupai pesawat terbang dan Lovebird jantan akan menaikinya untuk melaksanakan proses perkawinan.

:

Tanda-tanda Lovebird betina akan bertelur

Faktor penyebab telur Lovebird kosong serta solusi untuk mengatasinya

Tips semoga Lovebird cepat produk

Demikian sedikit warta wacana "Penyebab Lovebird tidak mau kawin dan cara mengatasinya". Untuk warta lain seputar Lovebird (LB), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Lovebird (LB) sedang melaksanakan perkawinan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel