-->

Ciri-Ciri Perbedaan Trotolan Tledekan Gunung Jantan Dan Betina

Tledekan Gunung/Sulingan Gunung yaitu salah satu burung yang cukup digemari para Kicau Mania, pasalnya burung ini memang sangat menarik untuk dipelihara alasannya mempunyai bunyi kicauan yang sangat merdu dan bervariasi serta mempunyai gaya berkicau nyeklek yang khas.

Tapi jikalau kita memelihara Tledekan Gunung/Sulingan Gunung bakalan tangkapan hutan yang sudah cukup umur maka akan cukup usang untuk sanggup mendengarkan bunyi kicauannya yang merdu dan lantang (ngeplong), alasannya Tledekan Gunung tangkapan hutan yang sudah cukup umur memerlukan waktu yang cukup usang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Tledekan Gunung/Sulingan Gunung tangkapan hutan yang sudah cukup umur umumnya mempunyai huruf yang liar dan hanya mau bunyi ketika suasana lingkungan disekitar kandangnya sepi atau kalau mendengar bunyi gemercik air dari kran atau pada dikala hujan turun, itupun hanya nyuling dan ngeriwik saja.

Memelihara Tledekan Gunung/Sulingan Gunung bakalan yang sudah cukup umur memang butuh kesabaran ekstra alasannya harus menunggu burung hingga benar-benar mapan dulu gres sanggup mendengar bunyi kicauannya yang merdu dan ngeplong.

Pilihan terbaik biar sanggup mempunyai Tledekan Gunung/Sulingan Gunung yang sanggup cepat jinak dan gacor yaitu dengan memelihara burung ini dari anakan/trotolan. Tapi permasalahannya selain harganya lebih mahal dari burung bakalan cukup umur juga banyak Kicau Mania yang masih gundah untuk membedakan jenis kelamin Tledekan Gunung yang masih trotol.

Berikut ini ciri-ciri anakan/trotolan Tledekan Gunung/Sulingan Gunung jantan dan betina:

• Mata

Tledekan Gunung jantan mempunyai bentuk mata yang lebih besar dan melotot dengan tatapan yang tajam, sedangkan bentuk mata Tledekan Gunung betina terlihat lebih kecil dan tidak melotot dengan tatapan yang sayu.

• Warna bulu

Anakan/trotolan Tledekan Gunung jantan mempunyai bulu berwarna gelap kebiruan pada bab bulu dalam atau pangkal bulunya, sedangkan yang betina berwarna lebih cerah.

Untuk warna bulu bab luar anakan Tledekan Gunung jantan tampak lebih tajam terutama pada bab kepala, punggung, sayap dan ekor, alasannya nantinya bulu-bulu tersebut akan berubah warna menjadi biru tua. Sedangkan warna bulu anakan Tledekan Gunung betina terlihat lebih kusam.

Ketika berusia 2-3 bulan, pada bab ujung ekor dan tepi sayap anakan Tledekan Gunung jantan sudah terlihat ada warna kebiruan, dan warna trotolnya orange tua. Sedangkan pada anakan Tledekan Gunung betina pada bagian-bagian tersebut warna bulunya coklat kusam dan warna trotolnya orange pudar.

Ketika sudah berusia 4 bulan ke atas, anakan/trotolan Tledekan Gunung lebih gampang dibedakan jenis kelaminnya alasannya sebagian bulu-bulu trotolan jantan sudah berwarna kebiruan, dan semakin bertambah usianya maka warna kebiruan tersebut akan semakin terang dan mengkilap. Sedangkan pada anakan/trotolan Tledekan Gunung betina tidak terjadi perubahan warna menjadi biru.

• Perilaku

Anakan/trotolan Tledekan Gunung jantan akan sering ngriwik serta sering mengeluarkan bunyi tretekan. Sedangkan anakan Tledekan Gunung betina tidak ngriwik dan jarang mengeluarkan bunyi tretekan.

:

Cara mengajari trotolan Murai Batu ternak untuk mandi keramba

Ciri-ciri perbedaan anakan Sirtu jantan dan betina

Cara merawat dan meloloh piyik/anakan Kacer

Demikian sedikit isu wacana "Ciri-ciri perbedaan trotolan Tledekan Gunung jantan dan betina". Untuk isu lain seputar Tledekan Gunung, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Trotolan Tledekan Gunung jantan dan betina

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel