-->

Amsi Gelar Pembinaan Penguatan Bisnis Media Online Berskala Nasional

JAKARTA, -Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar pelatihan untuk penguatan manajemen, bisnis dan keberlanjutan media online (Digital Media Management, Business Development and Sustainability).


Sebanyak 75 peserta dari 30 media lokal dan nasional hasil seleksi mengikuti pembinaan yang berlangsung sejak Senin, 22 Juni kemudian dan akan berakhir 29 Juni 2021.


Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan, acara ini dibuat semoga media digital tidak cuma survive, namun juga meningkat di tengah angin ribut digital.


Untuk itu, bahan pelatihan membahas hulu hingga hilir, dari peta media hingga ekosistem digital. “Kita harus tahu DNA masing-masing media, dan bagaimana operasional hingga monetisasinya,” kata Wens, Senin (28/6/2021).


Pelatihan Manajemen, Pengembangan Bisnis, dan Keberlanjutan Media Digital ini menerima bantuan dari Internews dan USAID MEDIA.


Sebelum training, AMSI telah menggelar ToT (Training of Trainers) untuk menyusun bahan, kurikulum sampai modul dengan menghadirkan banyak golongan. Agency nasional, asosiasi publisher, dosen, peneliti sampai para praktisi yang terlatih mengurus media digital.


“Goal pembinaan ini ialah membangun media yang sehat kontennya, dan besar lengan berkuasa bisnisnya ke depan,” kata Wakil Ketua I AMSI, Suwarjono, sekaligus penanggung jawab program menyertakan.


Terdapat 7 materi utama yang diberikan terhadap peserta pembinaan yang berlangsung secara daring ini adalah: Business Environment, Brand Development, Business Management, Content Development, Distribution Development, Audience Development dan Revenue Development.


“Makara kita membedah dari A-Z media digital. Dari visi awal membangun media, administrasi, konten, distribusi hingga bisnis versi,” kata Jono.


Sekretariat AMSI mendapatkan 49 pendaftar dari 18 daerah di Indonesia. Seperti Papua, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulwasi Selatan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta.


Setelah lewat proses seleksi 30 tim media dinyatakan lolos mengikuti training. Mereka dibagi menjadi dua kalangan.


Pelatihan pertama dengan tema Business Environment telah berjalan pada 21 Juni 2021. Ini dimoderatori oleh Suwarjono (Editor in Chief Suara.com) dan pembicara tamu Wahyu Dhyatmika (Editor in Chief Majalah Tempo).


Dwi Eko Lokononto (Editor in Chief Berita Jatim) sudah mengisi tema Brand Development pada 22 Juni 2021. Sedangkan Suwarmin (Direktur Bisnis dan Konten Solopos.com) mengisi tema Business Management pada 23 Juni 2021.


Pada hari keempat aktivitas, tema Content Development dibawakan oleh I Nengah Muliarta (Dewan Redaksi Beritabali.com) dan Machroni Kusuma (Editor in Chief Berita Indonesia Link).


Tema Distribution Development dibawakan oleh Irna Gustiawati (Editor in Chief Liputan6.com) dan Yuli Sulistyawan (GM Content Tribunnews) dibawakan pada 25 Juni 2021.


Sejumlah pimpinan media seperti, Iin Yumiyati (Editor in Chief News Haibunda.com dan Deputy Director Detik.com), Citra Dyah Prastuti (Editor in Chief KBR.id) dan Maryadi (VP Business & Digital Katadata) mengisi materi workshop sesi Senin (28 Juni) dan Selasa (29 Juni).


Setelah pembinaan ini, AMSI akan menentukan 10 tim media untuk menerima pendampingan (mentorship) oleh praktisi media online Jakarta.


Kegiatan intensif ini akan diberikan selama tiga bulan untuk pendalaman bahan dan praktik pengembangan media sesuai keperluan media setempat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel