-->

Merawat Kenari Materi Biar Cepat Bunyi

Kenari ialah burung mungil yang mempunyai bunyi nyaring dan ngeroll yang khas, warna bulunya yang bermacam-macam juga semakin menciptakan banyak orang tertarik untuk memelihara burung ini.

Meskipun pamor Kenari ketika ini mulai meredup, tapi masih banyak Kenari Mania yang tetap setia merawat burung pemakan biji-bijian ini untuk sekedar peliharaan dirumah atau untuk dilombakan.

Banyak penggemar Kenari yang lebih menentukan memelihara Kenari materi dengan alasan sebab harganya lebih murah atau biar sanggup dibuat sesuai keinginan.

Memelihara Kenari muda dengan usia 1-2 bulan memang membutuhkan kesabaran, sebab untuk sanggup menikmati bunyi ngerollnya harus menunggu hingga Kenari berusia 6 bulan ke atas, itupun jikalau Kenari mendapat perawatan yang baik.

Merawat Kenari materi biar cepat bunyi dimulai dari pemilihan materi yang berkualitas dan harus yang berjenis kelamin jantan biar sanggup gacor dan ngeroll nantinya.

Pantau dengan seksama ketika menentukan Kenari materi di sangkar ombyokan, pilihlah yang paling rajin ngeriwik. Kalau sudah terpantau yang paling rajin ngeriwik segera diambil, tapi biar lebih yakin lagi cek jenis kelaminnya, pastikan Kenari yang kita ambil tersebut berjenis kelamin jantan. Caranya dengan melihat cuilan pen duburnya, pada Kenari jantan terlihat lebih menonjol sedangkan Kenari betina lebih datar.

Setelah mendapat Kenari materi yang prospek, segera tempatkan dikandang yang sesuai untuk Kenari, berikan pakan bijian mix yang bermerk bagus, harga lebih mahal sedikit tidak duduk perkara yang penting Kenari sanggup tercukupi nutrisinya dan sanggup cepat bunyi.

Perawatan harian untuk Kenari muda biar cepat bunyi:

• Setiap pagi Kenari diembunkan biar menghirup udara segar.

• Setelah jam 07.00 pagi burung dimandikan dengan disemprot halus biar burung tidak stres. Setelah simpulan Kenari di angin-anginkan hingga bulu-bulunya kering.

• Setelah semua bulunya kering selanjutnya Kenari dijemur secukupnya saja sebab bulu-bulunya belum tumbuh sempurna, tingkatkan durasi penjemuran secara sedikit demi sedikit hingga Kenari besar lengan berkuasa dijemur lama. Penjemuran sangat penting untuk Kenari muda untuk mempercepat Kenari biar cepat ngeplong.

• Bersihkan kandangnya setiap hari biar Kenari terhindar dari penyakit.

• Sediakan pakan berupa adonan biji-bijian ibarat canary seed, niger seed, milet, dan lainnya dicepuk pakan. Pilih pakan kemasan dengan brand yang terpercaya biar kualitasnya terjamin, ganti air minumnya setiap hari, berikan juga ekstra fooding (EF) berupa telur puyuh atau telur ayam rebus diambil kuning telurnya saja dan berikan juga sayuran segar setiap hari.

• Kenari muda masih berguru untuk menyusun lagu (ngeriwik) dengan merekam suara-suara yang sering didengarnya kemudian megolah suara-suara tersebut untuk dijadikan satu rangkaian lagu. Karena itu, penting untuk melaksanakan pemasteran pada Kenari semenjak dini dengan bunyi Kenari yang ngeroll panjang biar nantinya Kenari muda yang dimaster tersebut sanggup menirukan bunyi ngeroll masterannya.

Demikian sedikit isu wacana cara merawat Kenari materi biar cepat bunyi. Untuk isu lain seputar Kenari, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kenari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel