-->

Pemasteran Kacer Lomba Dan Kacer Rumahan

Pemasteran ialah suatu cara untuk mengajarkan burung supaya bisa menirukan bunyi burung lain yang dijadikan masterannya.

Sukses atau tidaknya proses pemasteran tergantung dari tingkat kecerdasan burung yang kita master. Ada yang bisa cepat menirukan bunyi masterannya, dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama, bahkan ada yang sama sekali tidak bisa menyerap bahan yang di ajarkan.

Kegagalan dalam proses pemasteran Kacer bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

• Tingkat kecerdasan Kacer yang memang rendah.

• Banyaknya gangguan disekitar lingkungan Kacer yang kita master, menyerupai suara-suara gaduh atau aktifitas yang sering menciptakan Kacer kaget sehingga membuatnya tidak bisa konsentrasi dalam mempelajari bunyi dari burung masterannya.

• Karakter bunyi dari burung masteran tidak cocok dengan huruf bunyi Kacer yang dimaster, contohnya Kacer yang dimaster mempunyai huruf bunyi nembak tapi dimaster dengan suara-suara tipe ngeroll maka Kacer tersebut akan kesulitan untuk merekamnya.

• Faktor umur, biasanya Kacer yang sudah renta daya ingatnya sudah lemah, kemampuannya untuk merekam suara-suara dari burung masteran tidak sebaik burung yang masih muda.

Pemasteran cukup penting untuk dilakukan supaya Kacer mempunyai variasi kicauan yang bagus. Tentu akan membosankan bila kita memilki Kacer yang bunyinya itu-itu saja (monoton) dan pastinya tidak akan dilirik juri pada dikala  dilombakan.

Pemasteran untuk Kacer ada 2 macam, yaitu untuk tujuan lomba dan untuk sekedar klangenan dirumah.

Untuk tujuan lomba, bahan isian harus mengikuti musim bunyi isian yang masuk dalam evaluasi lomba dikala ini, contohnya suara-suara nembak dan besetan-besetan kasar, seperti: suara lovebird, cucak jenggot, kapas tembak, tengkek buto, kenari, cililin, dan lainnya.

Untuk pemasteran Kacer sebaiknya memakai burung orisinil lantaran bunyi dari burung orisinil akan lebih gampang direkam daripada memakai bunyi Mp3.

Sedangkan untuk Kacer yang hanya untuk klangenan dirumah saja sebaiknya jangan dimaster dengan bunyi tembakan dan besetan lantaran tidak lezat untuk didengarkan dirumah. Kacer rumahan lebih cocok dimaster dengan suara-suara orisinil burung hutan yang mengalun merdu supaya lebih lezat didengarkan.

Pemasteran yang efektif ialah pada dikala Kacer dalam masa mabung/ngurak lantaran burung cenderung lebih banyak membisu sehingga lebih fokus mendengar dan mempelajari. Ketika melaksanakan pemasteran, sebaiknya Kacer dalam posisi dikerodong.

Tapi bukan berarti pada dikala dalam kondisi normal (tidak mabung) Kacer tidak bisa dimaster. Tempel saja Kacer setiap hari dengan burung-burung masteran supaya lebih fasih untuk menirukan bunyi masterannya.

Untuk pemasteran Kacer tidak usah mengikuti aturan-aturan tertentu yang harus begini atau harus begitu, cukup tempel saja Kacer dengan burung-burung masteran yang gacor setiap hari. Atur jaraknya supaya tidak terlalu dekat, cukup supaya suaranya masih bisa terdengar dengan intonasi yang terang oleh Kacer yang dimaster.

Demikian sedikit warta wacana pemasteran Kacer lomba dan Kacer rumahan. Untuk warta lain seputar Kacer, sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung-burung masteran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel