-->

Manfaat Sangkar Umbaran/Polier Untuk Burung Lomba

Kandang umbaran atau polier cukup penting untuk burung kicauan apalagi yang diperuntukkan untuk lomba. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari pengumbaran, diantaranya:

1. Menjaga stamina dan fisik burung semoga tetap fit alasannya dengan diumbar, seluruh otot-otot badan burung digunanakan untuk bergerak.

2. Menguatkan otot-otot dada dan sayap yang berdampak pada bunyi burung menjadi lebih lantang dan bertenaga.

3. Menguatkan nafas sehingga burung lebih kuat berkicau dari awal hingga selesai perlombaan. Nafas yang panjang memang dapat dilatih dengan penjemuran yang usang atau dapat juga dengan terapi jemur sauna (burung kering kerodong kering), tapi akan lebih maksimal jikalau fisiknya juga dilatih dengan terapi umbaran, sehingga dapat mendapat dua manfaat sekaligus adalah nafas yang panjang dan stamina yang prima.

4. Mencegah kegemukan, alasannya dengan terbang bolak-balik dalam sangkar umbaran, akan lebih cepat memperabukan kalori sehingga tidak terjadi penumpukan lemak ditubuh burung.

5. Mencegah stres, alasannya dengan berada dikandang yang besar, burung dapat lebih leluasa bergerak mengepakkan sayapnya dan juga menjadi sarana refreshing untuk burung yang sudah terlalu usang berada dalam sangkar berukuran kecil (kandang harian).

Tapi harus diperhatikan, untuk melaksanakan pengumbaran dilarang asal-asalan saja memasukkan burung kedalam sangkar umbaran. Kita harus melihat kondisi burung yang akan kita umbar, apakah burung perlu diumbar atau malah sebaliknya, burung justru perlu banyak istirahat alasannya kondisi fisiknya sedang tidak fit. Karena jikalau hingga salah analisa, bukannya menjadi lebih baik tapi malah tambah parah (ngedrop).

Burung yang sedang dalam kondisi fisik tidak fit dan dipaksakan untuk berolah raga maka yang terjadi fisiknya akan semakin drop alasannya staminanya terkuras untuk terbang bolak-balik dalam sangkar umbaran.

Burung yang akan diumbar harus dalam kondisi fisik yang fit alasannya pengumbaran akan benar-benar menguras stamina burung dan dalam melaksanakan pengumbaran juga harus disediakan pakan dan ekstra fooding (EF) yang cukup serta air minum.

Pemberian ekstra fooding (EF) menyerupai jangkrik dengan porsi tanpa batas pada waktu diumbar bertujuan semoga burung tidak kehabisan tenaga alasannya suplai pakan selalu tersedia. Pembakaran kalori yang besar harus diimbangi pula dengan asupan nutrisi yang memadai semoga kondisi fisik burung tidak ngedrop.

Pengumbaran dapat dilakukan 2-3 kali seminggu semoga burung tidak kelelahan. Untuk sangkar umbaran sendiri penempatannya usahakan yang terkena sinar matahari eksklusif semoga burung dapat sekalian berjemur, usahakan juga semoga penempatan sangkar umbaran kondusif dari gangguan predator menyerupai kucing dan lainnya. Posisi plangkringan dibentuk atas bawah adalah posisi bawah dibagian depan dan posisi atas dibagian belakang semoga burung dapat terbang dengan posisi naik turun sehingga lebih efektif untuk olah fisik burung.

Dengan melaksanakan pengumbaran secara konsisten, maka lama-kelamaan fisik burung akan semakin fit dengan stamina yang semakin prima dan nafas lebih panjang sehingga ketika dilombakan, burung akan tampil lebih maksimal.

Mungkin pada saat-saat awal pengumbaran biasanya burung akan terlihat ngedrop alasannya belum terbiasa, tapi sehabis terapi umbaran berjalan 1-2 bulan maka kesannya akan mulai terlihat dengan peningkatan performa burung yang signifikan.

Pengumbaran sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental burung, alasannya fungsinya mengembalikan burung menyerupai pada habitat orisinil dan kodratnya, adalah terbang bebas mengepakkan sayapnya.

Burung yang sudah terlalu usang berada dalam sangkar tentunya tidak pernah lagi memakai sayapnya untuk terbang, dan tentunya otot-otot sayap dan dadanya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya dan secara tidak eksklusif niscaya kondisi tersebut kuat pada kualitas kicauannya.

Demikian sedikit warta wacana Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba. Untuk warta lain seputar burung kicau dapat dibaca pada artikel yang lain.

:

Manfaat terapi sauna untuk kacer

Mengenali huruf kacer semoga tidak salah perawatan

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kandang umbaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel