-->

Tips Biar Lovebird Cepat Produk

Dalam beternak Lovebird (LB) tentunya kita menginginkan biar indukan Lovebird yang kita ternak cepat bertelur dan menghasilkan banyak anakan.

Tapi kadang apa yang kita harapkan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, alasannya ialah indukan Lovebird (LB) betina tidak kunjung bertelur padahal kedua indukan sudah terpantau kawin.

Lovebird (LB) tidak bertelur ialah dilema yang sering sekali di alami oleh para breeder pemula. Walaupun Lovebird sudah terpantau melaksanakan perkawinan namun sesudah dinunggu selama sekitar 10 hari indukan betina tidak juga kunjung bertelur.

Berikut ini beberapa penyebab Lovebird (LB) tidak bertelur:

• Pasangan Lovebird (LB) sejenis

Gagalnya Lovebird (LB) memproduksi telur sering dikarenakan karena kedua indukan ternyata berjenis kelamin sama. Hal itu sering terjadi alasannya ialah Lovebird merupakan jenis burung monomorfik, yaitu antara jantan dan betina mempunyai penampilan fisik yang serupa. Makara walaupun kedua indukan Lovebird telihat melaksanakan perkawinan tapi tidak akan menghasilkan telur.

• Usia belum mapan

Usia ideal Lovebird (LB) untuk siap kawin ialah 7-12 bulan. Jika usia Lovebird belum cukup mapan dan sudah birahi/melakukan perkawinan, maka hal itu sanggup menciptakan Lovebird bertelur tapi embrio dalam telurnya kosong.

• Egg binding

Sering juga terjadi perkara dimana indukan Lovebird (LB) tidak sanggup mengeluarkan telurnya alasannya ialah telur melekat pada dinding rahim Lovebird. Egg binding ialah terjadinya telur lengket alasannya ialah burung tidak sanggup mengeluarkan telurnya jawaban postur tubuhnya yang terlalu kecil.

Hal itu sanggup menjadi dilema serius kalau tidak segera ditangani. Telur lengket yang tidak sanggup keluar akan menyumbat susukan pembuangan yang mengakibatkan kotoran burung tidak sanggup keluar dan akhirnya sanggup menimbulkan kematian.

Solusi untuk indukan Lovebird (LB) yang tidak kunjung bertelur:

• Dekatkan kandangnya dengan sangkar pasangan Lovebird (LB) lain.

Salah satu cara biar indukan Lovebird (LB) segera bertelur sanggup dengan mendekatkan sangkar Lovebird yang tidak kunjung bertelur tersebut dengan sangkar Lovebird lainnya, tapi dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Suara dari pasangan Lovebird lain akan merangsang pasangan indukan Lovebird menjadi birahi dan segera melaksanakan perkawinan.

• Jangan terburu-buru memasang glodok

Sebaiknya jangan dulu memasang kotak glodok sebelum Lovebird (LB) terpantau melaksanakan perkawinan, alasannya ialah kalau glodok pribadi dipasang dalam sangkar ternak maka pasangan indukan Lovebird tidak akan fokus untuk kawin dan cenderung lebih banyak bermain-main saja ibarat keluar masuk glodok.

Jika pasangan indukan Lovebird (LB) sudah terpantau melaksanakan perkawinan gres kotak glodok dimasukkan ke dalam sangkar ternak biar indukan Lovebird sanggup mulai menciptakan sarang.

Kotak glodok yang ideal untuk Lovebird (LB) harus mempunyai lubang pintu dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran badan Lovebird, dan usahakan kepingan dalamnya tidak terlalu sempit juga tidak terlalu luas.

Masukkan beberapa serutan kayu higienis ke dalam kotak glodok dengan ketebelan 2,5 cm. Lovebird (LB) biasanya akan mengatur ulang pembuatan sarangnya dengan membuang sebagian serutan kayu yang sudah kita sediakan.

Jangan lupa sangkar juga harus selalu dibersihkan setiap hari biar Lovebird merasa nyaman.

• Pakan, Ekstra fooding (EF) dan vitamin

Pemberian pakan, Ekstra fooding (EF) dan vitamin harus dengan porsi yang sempurna dan seimbang alasannya ialah kalau diberikan secara hiperbola sanggup mengakibatkan Lovebird (LB) mengalami obesitas, kesudahannya Lovebird sulit produksi. Obesitas/kegemukan akan menciptakan Lovebird menjadi malas beraktivitas dan sanggup menimbulkan egg binding.

Lovebird (LB) betina yang tidak kunjung bertelur sanggup disiasati dengan perubahan sajian pakan hariannya. Berikan pakan yang sanggup memicu hormon Lovebird betina biar cepat bertelur, antara lain: jagung muda, tauge, biji kwaci, kangkung, dan berikan juga tulang sotong sebagai pemanis zat kapur untuk pembentukan cangkang telur.

Sebaiknya air minum, vitamin dan Ekstra fooding (EF) diganti setiap hari biar kesehatan indukan Lovebird (LB) senantiasa terjaga.

Pemberian vitamin selain sanggup meningkatkan birahi indukan Lovebird (LB) juga sanggup meningkatkan prosentase telur fertil dan daya tetas telur, serta sanggup membantu menjaga kesehatan anakan Lovebird yang gres menetas.

• Pasang lampu full spektrum

Lampu full spektrum ultra violet ialah lampu pengganti sinar Matahari yang sanggup menghasilkan cahaya terperinci yang mendekati spektrum sinar Matahari alami lebih dari 95%.

Lampu ini sangat ideal untuk pasangan indukan Lovebird (LB) yang membutuhkan sinar Matahari dikala ruangan dalam sangkar tidak terkena sinar Matahari secara langsung.

:

Mengenal jenis Lovebird Non Klep

Ciri-ciri khusus Lovebird jantan dan betina

Tips dan trik menjodohkan lovebird untuk pemula

Demikian sedikit gosip perihal "Tips biar Lovebird cepat produk". Untuk gosip lain seputar Lovebird (LB), sanggup dibaca pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Indukan Lovebird (LB) Batman dan Lutino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel