Google News Initiative Gandeng Amsi Gelar Training Periklanan Digital
JAKARTA, -The Google News Initiative (GNI) bareng dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali menggelar Pelatihan Pengembangan Digital (Digital Growth Program) untuk media online kecil-kecilan dan menengah.
Fokus materi yang hendak diberikan pada serial workshop sesi dua ini yaitu memajukan wawasan pemilik media online perihal periklanan digital.
Pelatihan akan dimulai dengan materi pertama bernuansa “Menyiapkan dasar – dasar periklanan digital” yang akan membahas jenis – jenis iklan digital, pemilihan jenis iklan yang sesuai untuk organisasi serta pengenalan produk – produk iklan digital.
Kelas pertama sesi ini akan dilakukan pada 17 Juni 2021, pukul 14.00 – 15.15 WIB dan akan dibawakan oleh Maryadi (VP Business dan Digital, Katadata) sekaligus bendahara AMSI Pusat dengan narasumber Moch Rifki (Measurement & Industry Standard, Indonesia Digital Association/IDA).
Sejumlah pimpinan media seperti Irfan Junaidi (Editor in Chief Republika.co.id), Wenseslaus Manggut (CCO Kapan Lagi Youniverse/KLY), dan Wahyu Dhyatmika (Editor in Chief Majalah Tempo) akan mengisi bahan workshop sesi berikutnya.
Selain workshop, Digital Growth Program juga akan melakukan kegiatan pendampingan khusus (mentoring) melibatkan trainer-trainer Google dalam Lab 1:1. Pendampingan intensif diberikan terhadap 10 publisher terpilih dari Asia Pasifik untuk pendalaman lima bahan dan sekaligus praktik selama sekitar 15 ahad.
Khusus penerima Indonesia, AMSI dan Google akan melakukan seleksi bersama. Sekitar 2-3 publisher setempat yang aktif mengikuti workshop akan mendapatkan peluang untuk mengikuti Labs 1:1.
Digital Growth Program merupakan acara khusus untuk membantu memecahkan duduk perkara- duduk perkara digital yang timbul di media, dikala pemilik perusahaan media digital mengerjakan bisnisnya. Bentuk acara Digital Growth Program ini yakni 11 workshop online berseri yang berisikan lima tema ialah pengembangan Audience, Advertising, Product, Data dan Reader Revenue. Workshop digelar semenjak permulaan April sampai awal Agustus 2021.
Kerja sama serupa juga dikerjakan GNI di Korea Selatan dan Jepang. Workshop di tiga negara Asia Pasifik ini berlangsung secara paralel dengan melibatkan narasumber dan moderator dari pelaku-pelaku media online yang kompeten dari negara masing-masing.
Rangkaian training pertama dengan tema Pengembangan Audiens telah dijalankan pada bulan April 2021 lalu.
Para narasumber kompeten sudah mengembangkan pengetahuan memajukan jumlah audiens melalui pelibatan pelanggan info, dan membangun budaya yang berpusat kepada audiens untuk membangun taktik pengembangan pembaca lebih luas dan loyal.
Peserta yang mendaftar dalam rangkaian training tersebut sebanyak 448 orang dari aneka macam media digital di seluruh Indonesia.
AMSI dan GNI membuka kembali pendaftaran untuk workshop kedua ini. Untuk mengikuti sesi pembinaan Periklanan ini silakan untuk mendaftar di https://newsonair.withgoogle.com/events/dgp- id-advertising dan kalau tertarik untuk mengikuti Advertising Lab bareng dengan Google, silakan untuk mendaftar di https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSewqF_RWStISvV6b1CR9wGSUY21I3scJhmZprK DlPdPsEl0eg/viewform